Tips Investasi Untuk Pemula

By on June 11, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 445 kali

Edukasi – Ketika semua orang bicara tentang investasi, apakah ada di antara Anda yang merasa bingung dan ‘keder’ karena Anda merasa tidak tahu apa-apa soal investasi? Supaya Anda tidak merasa demikian, yuk, kita simak beberapa prinsip-prinsip investasi yang perlu dipahami oleh pemula.

Don’t put your eggs in one basket

Jangan letakkan semua uang Anda pada satu portfolio investasi, karena ketika nilainya jatuh, maka semua uang Anda pun akan jatuh nilainya. Oleh karena itu, diversifikasi portfolio investasi itu penting. Beberapa ahli keuangan juga mengusulkan agar Anda menaruh “telur investasi” Anda di tempat yang sangat berbeda, misalnya di sektor perbankan, sektor migas, lifestyle, dan lain-lain.

Buy what you know, know what you buy

Belilah apa yang Anda tahu, dan pahami apa yang Anda beli. Jika Anda kurang mengenal produk investasi yang ditawarkan, carilah lebih banyak informasi mengenai produk tersebut. Ketika Anda sudah membelinya pun, stay up to date dengan berbagai informasi seputar produknya. Dengan demikian, Anda akan tahu kapan produk Anda mengalami kenaikan nilai, kapan perlu membeli lagi, atau kapan sebaiknya dijual.

Buy low, sell high

Prinsip ekonomi dasar – dengan modal serendah-rendahnya, mendapatkan untung setinggi-tingginya. Prinsip yang sama juga berlaku untuk investasi. Perhatikan situasi pasar, dan ketika produk yang Anda incar nilainya sedang turun, silakan dibeli. Dan jika Anda ingin menjualnya kembali, juallah ketika nilainya sedang tinggi.

Low risk, low return; high risk, high return

Hal ini berlaku pada setiap investasi, apapun bentuknya. Karena itu, penting untuk mengenal profil resiko Anda – apakah Anda termasuk yang suka mengambil resiko atau memilih bermain aman. Semakin rendah tingkat resiko, maka semakin rendah profit yang bisa Anda harapkan. Dan sebaliknya, semakin tinggi tingkat resikonya, semakin tinggi juga profit yang bisa Anda dapat.

Selamat mencoba!

 

Sumber: mywealth.co.id