Tips Investasi Saham dengan Metode yang Tepat

By on August 31, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 774 kali

Investasi Saham – Tips investasi saham dengan metode yang tepat tentunya memberikan efek lebih pada investasi yang menjanjikan ini. Anda yang ingin menambah keuntungan dan tentunya memang diperlukan ketika melakukan investasi saham – tips dan analis dibutuhkan. Dalam investasi saham, analisis dapat dilakukan dengan 2 cara yakni analisis fundamental dan analisis teknikal.

Tips Investasi Saham dengan Analisis Fundamental

Analisis fundamental dalam investasi saham dilakukan dengan cara memerhatikan berita seputar pasar dunia dan pasar lokal. Hal ini cocok dilakukan untuk memilih investasi saham jangka panjang. Dalam jenis analisis ini, Anda bisa melihat beberapa faktor berikut ini:

1. Faktor perekonomian global dengan memerhatikan: Situasi lingkungan ekonomi dan nasional, kebijakan proteksi dan perdagangan dan juga tingkat nilai tukar riil.

2. Faktor perekenomian domestik dengan memerhatikan hal berikut: Produk domestik bruto, tingkat pengangguran, indeks produksi, inflasi, tingkat suku bunga, sentimen pasar dan defisit anggaran.

Tips Investasi Saham dengan Analisis Teknikal

Sementara itu, tips investasi saham dengan metode analisis tenikal dapat merupakan metode yang dilaukan dengan cara hitungan matematika. Hitungan tersebut memadukan antara pergerakan instrumen yang dapat memprediksi masa depan. Penelitian tersebut mencakup pola pergerakan harga saham yang terjadi secara berulang, volume transaksi dan juga open interest. Analisis ini sangat cocok ketika Anda sedang dihadapkan pada keputusan mengambil satu jenis investasi saham jangka pendek.

Adapun dasar-dasar yang bisa Anda terapkan pada metode ini, antara lain:

1. Market force
Hal ini mencakup semua kejadian yang bisa saja terjadi bahkan yang tidak terduga seperti misalnya perang, bencana alam dan juga krisis politik. Hal-hal seperti ini memengaruhi bursa saham.

2. Pola atau tren
Harga saham sendiri tidak terjadi secara acak melainkan memiliki kecenderungan bergerak ke suatu arah apakah naik ataupun turun. Oleh karena itu, Anda perlu memerhatikan pola tersebut.

3. Pola historis
Selain itu, pasar saham juga tidak jarang mengalami pergerakan historis dimana perilaku harga terjadi berulang. Hal ini beraitan dengan pelaku pasar saha mitu sendiri yang cenderung melakukan pola yang sama.

Tips Investasi Saham

Namun tentunya selain dari faktor-faktor eksternal tersebut, tips investasi saham juga mencakup sikap pelaku investasi pula. Bagi Anda yang sedang bermain saham sebaiknya perhatikan faktor-faktor internal berikut:

-Memiliki kedisiplinan ketika melakukan investasi dan trading.
-Konsisten masuk dan keluar pasar.
-Fokus pada poin yang Anda peroleh, bukan hanya besaran jumlah.
-Jangan terlalu sering melihat harga saham.
-Punya sistem kerja bukan berdasarkan mood.
-Memiliki sikap yang tenang apakah dalam situasi menang dan kalah.
-Biasakan diri untuk menerima cut loss.
-Jalani hidup Anda senyaman mungkin.

Dengan tips-tips investasi saham yang dijelaskan dalam artikel ini semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Salam sukses!

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty