Tips dan Trik Bisnis Kue Kering untuk Lebaran

By on June 16, 2017 | Artikel ini Sudah di baca 205 kali
Memanfaatkan Hobi Menjadi Modal Utama Membuka Bisnis

Inspirasi Bisnis – Saat ini peluang bisnis di Indonesia terutama bidang kuliner sangat menjanjikan dan memiliki potensi yang besar serta keuntungan yang cukup baik. Industri kuliner bisa dibilang terus berkembang dan semakin inovatif dalam menyajikan hal-hal baru mulai dari jenis makanan dengan tampilan dan nama yang dapat menarik minat orang. Apalagi makanan termasuk kebutuhan pokok yang pastinya tidak akan pernah habis untuk dibutuhkan dan dicari.

Salah satu bisnis yang cukup menjanjikan adalah bisnis kue kering. Bisnis yang satu ini memiliki potensi yang besar, mengingat permintaan konsumen yang cukup tinggi terlebih lagi jika memasuki masa puasa hingga menjelang lebaran. Jika musim lebaran atau perayaan lain tiba, permintaan akan kue kering begitu besar dan meningkat drastis dan pastinya omset juga akan meningkat pula.

Kue kering mempunyai banyak jenis dan bentuk serta rasa yang berbeda-beda. Biasanya rasa dibuat menyesuaikan dengan selera masyarakat setempat sehingga banyak disukai dan dibeli oleh banyak orang dan tidak menutup kemungkinan menjadi makanan khas daerah tersebut. Selain itu kue kering juga cukup mudah dalam pembuatan serta memiliki masa waktu kadaluarsa yang relative lebih lama dibandingkan dengan kue basah. Apalagi sekarang ini banyak resep kue kering baru yang bisa Anda pilih sesuai dengan kesulitan dan selera pasar. Waktu untuk berjualan kue kering juga cukup fleksibel terutama bagi Anda yang ingin menjadikan bisnis kue kering sebagai sampingan ataupun ingin Anda jadikan sebagai penghasilan utama.
Tips Berbisnis Kue Kering

Saat ini memang banyak orang yang sudah menjual kue kering dan banyak pula yang berhasil dan sukses menjalankan bisnis tersebut. Dalam membuka sebuah usaha tentunya Anda harus mempunyai tujuan yang pasti dan terukur agar bisnis yang Anda geluti nantinya bisa terus maju dan terus berkembang. Untuk itulah diperlukan perencanaan yang matang dan terarah agar nantinya usaha Anda dapat terus berkembang dengan baik dan dapat menghasilkan pendapatan yang Anda harapkan.

Bagi Anda yang tertarik dan ingin mencoba untuk memulai usaha kue kering, maka Anda bisa melihat beberapa tips dan poin-poin penting yang harus Anda lakukan sebelum dan saat memulai usaha kue kering tersebut, apalagi disaat perayaan dan juga hari raya lebaran yang bisa meningkatkan omset kita berlipat-lipat.

Berikut ini beberapa tips sukses berbisnis kue kering terutama disaat menjelang hari raya lebaran dan disaat bulan puasa.

1. Pilih Jenis Kue Yang Akan Dijual

Sebelum Anda memulai bisnis kue kering, terlebih dahulu Anda harus memiliki jenis atau macam-macam kue kering yang akan Anda buat atau yang akan Anda jual. Pemilihan kue kering bisa disesuaikan dengan kemampuan Anda, mudah atau sulitnya resep, tren makanan kue kering yang sedang laku dan banyak dicari, serta harga yang terjangkau oleh berbagai kalangan. Selain itu mungkin Anda juga bisa membuat suatu variasi baru dari resep kue yang sudah ada bahkan jika Anda bisa membuat kue resep baru, tentunya akan menjadi nilai plus bagi Anda dan bisa menjadi ciri khas yang baik.

2. Ciptakan Sesuatu Yang Unik/Baru

Saat ini sudah cukup banyak jenis makanan kue kering dan banyak juga yang menjual kue dengan bentuk, rasa, ataupun tampilan yang sama dan tidak memiliki ciri khas tertentu. Hal tersebut tentunya membuat banyak orang bosan dengan tampilan dan rasa yang sama dari tahun ketahun. Akan lebih baik jika kita bisa menciptakan sesuatu yang baru entah itu dari tampilan yang berbeda, rasa ataupun jika memungkinan Anda untuk bisa membuat terobosan resep baru yang menarik dan unik dengan rasa yang enak.

Anda bisa membuat kue kering yang unik atau penyasar pasar tertentu seperti kue kering untuk para penderita diabetes atau para pelaku diet yang tetap ingin memakan makanan kue kering. Dengan memiliki kelebihan tersebut dan dapat menyelesaikan suatu masalah tertentu, dapat membuat kue yang Anda buat akan selalu dicari dan dibeli.

3. Penampilan Yang Menarik

Walau Anda membuat kue yang sudah umum dibuat, namun dengan tambahan tampilan yang menarik saja sudah bisa membuat kue kering buatan Anda lebih ‘terlihat’ dibandingkan yang lain. Tampilan yang cantik dan menarik tentunya akan menarik minat para konsumen dan penasaran untuk ingin mencoba. Penampilan yang menarik bisa Anda ubah dari tampilan kemasan yang dibuat lucu atau berbeda, atau bisa juga mengubah bentuk dari kue menjadi suatu yang terlihat artistik. Misalkan kue cookies yang Anda beri tampilan mata dan mulut yang terlihat seperti  wajah.

4. Perhatikan Masa Kadaluwarsa Produk Kue Kering

Jenis makanan kue kering seperti cupcake, dan kue kering lainnya tentu mempunyai masa kadaluarsa di setiap jenis makanan tersebut. Pastikan Anda mengetahui kapan dari batas kadaluarsa setiap kue kering yang akan Anda buat dan yang akan dijual nantinya. Selain itu pastikan juga Anda membuat label atau mencantumkan tanggal batas kadaluarsa dari setiap produk yang dibuat agar tidak merugikan konsumen dan untuk mengurangi masalah dikemudian hari.

5. Bidik Pasar

Jika Anda masih pemula dalam membuat kue kering dan berbisnis produk tersebut, maka sebaiknya bidiklah pasar yang berada disekitar Anda terlebih dahulu. Bisa tetangga, teman atau pun lingkaran kecil di sekeliling Anda. Anda bisa mulai menawarkan produk Anda ke mereka atau memberikan sedikit sampel untuk dicicipi di suatu event seperti pengajian atau reuni. Jika mereka menyukai produk Anda, tentunya mereka akan membeli kembali dan akan mempromosikan produk Anda ke orang lain secara gratis.

6. Aktif Memasarkan melalui Toko Online

Toko Online ataupun media socsal kini jadi trend baru di era digital. Terbukti sekarang ini banyak pengusaha yang sukses berjualan walau hanya menggunakan toko online dan tidak memiliki toko asli. Dengan membuat toko online dan media social, Anda bisa berjualan dan mempromosikan produk Anda kemana saja dan bisa mempercepat orang untuk mengetahui produk-produk yang Anda jual. Hal ini sangat membantu terutama jika Anda memulai bisnis dengan modal yang pas-pasan atau terbatas.

7. Jujur dalam Usaha

Hal terakhir yang harus Anda ingat dan tanamkan didalam hati adalah selalu jujur dalam menjalankan berbagai usaha. Terkadang demi omset yang lebih besar, banyak orang atau penjual yang memangkas pengeluaran dari bahan baku dan bahan lain secara kurang baik.  Misalnya memakai bahan berkualitas buruk atau menggunakan bahan pengawet agar masa kadaluarsa lebih lama. Cara-cara tersebut tentunya tidak baik dan bisa merugikan konsumen.

Bisnis Kue Kering Paling Cocok Dimulai Menjelang Lebaran

Bisnis kue kering biasanya bersifat musiman, namun jika Anda pintar dalam membidik pasar, bisa jadi bisnis permanen sepanjang musim. Bisnis ini paling mudah dimulai saat menjelang lebaran tiba. Dengan membaca dan mengikuti tips sukses berbisnis kue kering di atas, Anda bisa mendapatkan wawasan baru bagaimana bisnis ini dijalankan.

 

 

 

 

Sumber: cermati.com