Tips dan Trik Berhemat Agar Bensin Tidak Bikin Tekor

By on May 24, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 420 kali

Perencanaan Keuangan – Selain perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan biaya perawatan kendaraan, bensin alias bahan bakar minyak (BBM) juga memakan porsi pengeluaran terbesar setiap bulannya untuk kategori pengeluaran otomotif.

Jika kamu tidak cermat mengawasi pengeluaran bensin kamu, bisa-bisa pengeluaran kamu setiap bulannya membengkak.

Salah satu antisipasi terhadap pemborosan konsumsi BBM tentu perlu dilakukan sejak awal saat memili kendaraan. Namun, kalau kamu sudah memiliki kendaraan dan merasa masih boros biaya BBM, ada beberapa tips hemat agar biaya tersebut bisa berkurang.

1. Jangan menyalakan mesin kalau terjebak macet panjang.

Di kota-kota besar, macet mungkin sudah menjadi pemandangan yang umum dilihat di mana-mana. Untuk menghemat pemakaian BBM, sebaiknya matikan mesin kendaraanmu saat terjebak macet.

Jika kamu menggunakan mobil dan kepanasan, kamu bisa membuka jendela sedikit untuk membiarkan hawa dar luar masuk. Alternatif lain, kamu bisa membeli semacam kipas angin mini dengan tenaga baterai agar di dalam mobil tidak terlalu panas.

2. Pelajari jalur alternatif

Apakah kamu sudah yakin jalur kerja yang kamu lewati untuk pergi ke kantor atau tempat lainnya sudah merupakan jalur terpendek? Saat ini, ada banyak aplikasi untuk mencari rute perjalanan terpendek.

Pelajari rute terpendek beserta alternatif jalan untuk menghindari macet. Dengan begini, kamu bisa lebih menghemat BBM.

3. Saling berbagi tumpangan dengan teman seperjalanan

Apakah kamu punya teman sekantor yang arah perjalanannya mirip denganmu? Cobalah gunakan sistem ride sharing setiap hari kerja. Sebagai contoh, hari Selasa dan Kamis kamu yang menumpang teman kamu, sedangkan pada Senin dan Rabu gentian temanmu yang ikut menumpang kamu.

Hari Jumat bergantian di setiap minggunya untuk siapa yang membawa kendaraan.

4. Manfaatkan kartu kredit

Tahukah kamu kalau pembayaran BBM di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dapat dilakukan dengan kartu kredit? Beberapa kartu kredit juga memiliki promo berbentuk cashback untuk transaksi pengisian BBM di SPBU.

 

 

Artikel ini dipersembahkan oleh HaloMoney

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty