Tips Cerdas Membuat Perencanaan Keuangan

By on August 4, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 424 kali

Perencanaan Keuangan – Banyak diantaranya orang yang berpendapat bahwa membuat perencanaan keuangan sangat sulit untuk dilakukan. Angapan tersebut biasanya muncul karena adanya pernyataan yang mengatakan bahwa bentuk pendapatan yang pas-pasan sangat tidak mungkin untuk dibuatkan sebuah bentuk perencanaan keuangan di dalamnya. Padahal dengan penghasilan yang pas-pasan pun, seseorang masih mampu untuk membuat rencana yang lebih baik dari keuangan yang dimilikinya, sehingga dapat menghasilkan tabungan yang mungkin berguna bagi masa depannya. Inti dalam membuat perencanaan dari dana atau keuangan yang Anda miliki adalah harus adanya tingkat kedisiplinan hingga kemauan yang menjadi tekad yang kuat pada diri Anda pribadi.

Sedangkan masalah dalam membuat perencanaan tersebut sebenarnya bermula dari bagaimana diri Anda merencanakan bentuk kehidupan yang ingin Anda jalani di masa mendatang. Apabila Anda sudah terbiasa dengan bentuk perencanaan, misalnya ketika Anda kecil, kemudian remaja atau bahkan ketika Anda beranjak dewasa, maka untuk membuat perencanaan tersebut pun tentunya dapat dilakukan dengan lebih mudah. Terutama apabila Anda sudah menghadapi masa perjalanan dari rumah tangga, yang mana harus memperhatikan kondisi keuangan untuk anak-anak Anda di masa mendatang.

Karena itulah, baik itu besar atau bahkan kecilnya penghasilan yang Anda miliki tidak ada sangkut pautnya dengan masalah perencanaan yang hendak Anda buat tersebut. Bahkan apabila Anda memiliki gaji yang tinggi, namun tidak dapat menyimpannya dengan baik, maka gaji tersebut pun akan terbuang dengan percuma, berbeda halnya dengan Anda yang memiliki gaji kecil tetapi mampu mengatur arah perjalanan dari kondisi keuangan tersebut, maka Anda bisa menggunakannya dengan sebaik-baiknya. Oleh karena itu apabila Anda ingin membuat perencanaan keuangan yang lebih baik, maka simaklah uraian tips di bawah ini :

Membuat Daftar Kebutuhan

Daftar kebutuhan tentunya sangat penting untuk Anda buat, karena dengan membuat daftar kebutuhan tersebut Anda dapat lebih mengontrol jenis barang mana saja yang harus Anda penuhi dalam kebutuhan hidup sehari-hari. Oleh karena itu, dalam membuat daftar yang satu ini biasakanlah untuk mengurutkannya berdasarkan tingkat kebutuhan yang paling prioritas hingga kebutuhan lainnya yang bisa Anda ganti dengan kebutuhan yang jauh lebih penting.

Rekening Bank Khusus Tabungan

Apabila Anda ingin mulai membuat perencanaan untuk keuangan yang jauh lebih teratur, maka tidak ada salahnya untuk membuat dua bentuk rekening bank yang berbeda. Pastikan bahwa salah satu rekening yang Anda buat tersebut berguna sebagai bentuk rekening tabungan, sementara untuk rekening lainnya adalah jenis rekening yang dapat Anda gunakan untuk melakukan berbagai macam transaksi di dalamnya. Pada rekening tabungan tersebut, cobalah untuk membuatnya tanpa disertai dengan ATM, sehingga tidak memudahkan Anda dalam mengambilnya kembali.

Atur Pengeluaran

Hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengatur tingkat pengeluaran, cara mengatur yang paling baik adalah ketika Anda menerima gaji, maka Anda langsung memenuhi daftar kebutuhan yang Anda butuhkan, namun dengan catatan lebih mengutamakan daftar kebutuhan yang penting atau prioritas saja. Setelah itu sisakanlah 10% dari gaji Anda tersebut yang kemudian dapat Anda transfer pada rekening tabungan. Dengan demikian, maka Anda sudah menyimpan sisa gaji sebagai tabungan yang tidak bisa Anda gunakan dengan seenaknya.

Cara Berbelanja Kebutuhan

Dalam melakukan perbelanjaan seperti yang sudah disebutkan pada bagian di atas tadi, selain harus lebih mengutamakan daftar belanjaan yang lebih prioritas, Anda juga sebaiknya hanya mengambil uang sesuai dengan alokasi dari tingkat kebutuhan saja, dengan demikian maka Anda dapat lebih mengatur jenis daftar belanjaan yang Anda butuhkan. Bahkan ada baiknya apabila Anda memilih tempat belanja yang jauh lebih murah dari tempat belanja lainnya, sehingga dapat menyisakan uang yang bisa Anda simpan kembali untuk kebutuhan mendadak lainnya.