Tips Cara Mencari Sumber Dana Untuk Membiayai Kuliah Sendiri

By on January 6, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 375 kali

Perencanaan Keuangan – Cara mencari sumber dana untuk membiayai kuliah sendiri menjadi sebuah trend dari beberapa kalangan anak muda saat ini. Karena pendidikan adalah sebuah kebutuhan penting untuk seseorang saat ini. Ada banyak cara yang sebenarnya bisa dilakukan seseorang jika sering mengalami kendala dalam mencari dana kuliah. Pendidikan memang sangat penting karena ini merupakan sebuah investasi untuk waktu yang lama dirasakan oleh anda nantinya. Jika anda ingin cari cara untuk mendapatkan dana membiayai kuliah sendiri. Berikut adalah beberapa tipsnya:

Mencari Beasiswa

Jika anda seorang yang memiliki banyak prestasi disekolah maka biasanya akan ada banyak program beasiswa yang bisa anda ikuti. Anda hanya perlu untuk mencari informasi dari program beasiswa ini dan mempersiapkan untuk melakukan seleksi. Ini mungkin akan sangat menguntungkan untuk anda yang ingin masuk universitas. Jika anda mendapatkan beasiswa masuk universitas maka biasanya anda akan mendapatkan pendidikan gratis. Beberapa lembaga yang memberikan beasiswa biasanya adalah : universitas, lembaga pemerintah dan swasta, yayasan dari pendidikan dan beasiswa non formal untuk pendidikan

Mendapatkan Pendiidkan dari Tabungan dan Asuransi

Tabungan pendidikan adalah salah satu produk yang memiliki ketentuan jumlah dana dan bunga yang sudah diterapkan. Tabungan ini seperti jaminan untuk masa depan. Sebelum masuk kuliah anda bisa membuat tabungan pendidikan jangka panjang. Biasanya tabungan pendidika ini dibuat dalam jangka waktu dari 2 tahun sampai 10 tahun sesuai dengan pilihan. Selain tabungan, asuransi pendidikan juga memiliki sistem yang sama. Hanya saja yang membuatnya berbeda adalah unit link dan tidak ada jaminan dari LPS. Serta nilainya juga turun naik dipasaran.

Mengajukan Kredit Tanpa Angunan

Mendapatkan Kredit Tanpa Angunan adalah salah satu yang paling instan untuk mendapatkan biaya pendidikan. Cara ini biasanya memberikan anda pinjaman untuk mdal bekerja, untuk biaya dalam rumah tangga atau bisa juga untuk biaya pendidikan. Keuntungan lainnya meminjam yang dengan cara ini anda tak harus menjaminkan aset apapun. Tapi bunga yang dipatok cukup tinggi hingga sekitar 5% dalam satu bulan.

Mendapatkan dana dari Universitas

Cara lain untuk anda mendapatkan biaya untuk kuliah adalah dengan mencari bantuan dana pendidikan yang biasanya diberikan oleh universitas saat pertama kali masuk. Ini biasanya sangat berguna untuk anda yang memiliki kekuarangan dana saat masuk univeritas. Biasanya bantuan ini sifatnya sangat terikat. Jika ingin mendapatkan dana pendidikan ini maka anda dapat bekerja langsung di perusahaan ini. Untuk mendapatkan dana ini anda bisa mencari tahu karena tak semua universitas mengiklankan dana bantuan pendidikan dalam bentuk ini.

Bekerja Sambil Belajar

Cara lain yang bisa anda lakukan untuk bisa membiayai kuliah sendiri adalah dengan bekerja. Saat ini banyak perusahaan yang membuka kesempatan untuk mahasiswa magang. Walaupun gajinya tak begitu banyak tapi ini sudah bisa membantu keuangan anda untuk biaya kulaih. Selain itu biasanya program kampus juga banyak menawarkan asisten dosen, penjaga perpus atau pekerja partime lainnya yang bisa memberikan penghasilan yang cukup untuk anda dan belajar banyak hal baru. Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan waktu untuk lliburan dengan mencari kerja sampingan untuk mendapatkan uang.

Ikut dalam program Cicilan

Saat ini banyak dari universitas yang memberikan kemudahan untuk pada calon mahasiswa mereka untuk mendapatkan dana dari program cicilan. Cara ini biasanya akan meringankan pengeluaran dari dana masuk kuliah. Walaupun harganya dianggap lebih mahal tapi dana ini sangat meringankan biaya saat masuk jika tidak memiliki dana yang cukup. Program ini juga tidak mempengaruhi kurikulum dan sistem pengajaran saat di universitas.
Itulah 6 Cara mencari sumber dana untuk membiayai kuliah sendiri yang bisa anda lakukan jika ingin mendapatkan pendidikan yang tinggi walaupun dengan dana terbatas.