Tips Berinvestasi Saham Untuk Pemula

By on September 18, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 345 kali

Investasi Saham – Tips berinvestasi saham memang sering menjadi acuan bagi orang-orang yang masih termasuk pemula dalam investasi saham. Tidak sedikit yang benar-benar sukses dari bermain saham, maka dari itu banyak pemula yang ingin mencoba juga untuk bermain saham. Selama ini orang-orang selalu menganggap bahwa investasi itu identik dengan rugi, oleh karena itu banyak yang tidak berani untuk melakukan investasi saham. Memang benar, dalam berinvestasi saham Anda tidak akan selalu untung namun Anda juga tidak akan selalu rugi. Jika Anda sudah berpengalaman, maka Anda bisa terus meraup untung dari berinvestasi saham. Anda yang memiliki ketelitian dan jeli dalam melihat kesempatan adalah orang yang sangat cocok untuk bermain saham, satu lagi sifat yang perlu Anda miliki untuk berinvestasi saham adalah jangan takut rugi. Oleh karena itu persiapkan mental Anda sebelum melakukan investasi saham. Berikut Tips berinvestasi saham untuk Anda yang masih pemula:

Analisis Perusahaan

Jika Anda ingin memiliki saham pada perusahaan tertentu maka Anda pertama-tama harus melakukan analisis perusahaan yang terkait. Apalagi jika perusahaan tersebut juga aktif di bursa efek, maka akan lebih mudah lagi untuk Anda melakukan analisa dan melihat bagaimana reputasi perusahaan tersebut di bursa efek. Jika setelah dilakukan penelitian dan analisa maka Anda tidak melihat adanya cacat pada perusahaan tersebut, maka Anda bisa berinvestasi pada perusahaan tersebut. Memang tidak selamanya saham akan memberikan keuntungan, untuk pertama sebagai Tips berinvestasi saham maka Anda bisa membeli saham dalam jumlah yang kecil terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menambah lagi investasi saham di perusahaan tersebut.

Memberi Perhatian Penuh

Jika Anda sudah berinvestasi pada satu perusahaan, maka Anda tidak boleh lepas tangan dan berharap mendapatkan keuntungan datang dengan sendirinya. Anda harus selalu memonitori perusahaan tersebut terkait dengan kebijakan-kebijakan yang dilakukan pada perusahaan. Karena apapun keputusan perusahaan bisa sangat berpengaruh pada saham yang Anda investasikan di perusahaan tersebut. Karena saat ini jaman sudah canggih dan biasanya setiap perusahaan memiliki website masing-masing, maka dengan mudah Anda bisa melihat perkembangan perusahaan melalui website saja. Untuk berhasil Anda bisa mengacu pada Tips berinvestasi saham.

Jangan Ketinggalan Info

Biasanya pada setiap perusahaan yang menjual saham, terdapat kebiasaan tersendiri dalam jual beli sahamnya. Untuk dapat meraup keuntungan dari saham yang Anda tanamkan pada perusahaan tertentu, maka Anda jangan sampai tidak tahu mengenai kebiasaan perusahaan tersebut. Pelajari dengan benar perusahaan tempat Anda akan berinvestasi berikut sejarahnya selama ini dan perkembangannya agar Anda bisa mendapatkan gambaran tentang pergerakan saham yang ada pada perusahaan tersebut. Jika Anda ketinggalan info, maka sebelum Anda melakukan sebuah tindakan, pastinya orang lain akan lebih dulu mencuri garis start Anda dan hanya kerugianlah yang akan datang pada Anda. Namun jangan takut, karena dari pengalaman Anda saat mendapatkan kerugian itulah Anda bisa belajar untuk mengambil keputusan ke depannya.

Perhatikan Pergerakan Bursa Efek

Berita dan informasi yang Anda perlu perhatikan tidak hanya berasal dari dalam perusahaan saja, melainkan Anda juga harus bisa membaca situasi pada bursa efek yang terjadi secara umum, karena bursa efek itu bisa memberikan pengaruh seperti efek domino, antara satu dengan yang lainnya saling berkaitan dan bisa membuat saham Anda juga mengalami dampaknya. Itulah beberapa Tips berinvestasi saham untuk pemula. Semoga Bermanfaat.