Tips Berinvestasi: Jangan Memilih Reksa Dana, Jika Tak Sanggup Setia Padanya!

By on November 30, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 415 kali

Investasi Reksadana – Di Indonesia, sudah ada kurang lebih 730 produk Reksadana yang hadir dari berbagai jenis. Semuanya bisa Anda beli, entah itu melalui beberapa agen resmi penjual Reksadana atau langsung ke Manajer Investasi. Sebagai investasi yang tergolong mudah dilakukan, nama Reksadana memang mulai terdengar gaungnya beberapa waktu belakangan ini. Meskipun begitu, Reksadana juga masih harus bersaing dengan instrumen-instrumen investasi lainnya yang bahkan memiliki keuntungan dua kali lipat dari Reksadana, seperti Investasi Saham.

Meskipun digadang-gadang sebagai instrumen investasi yang mudah, tidak sedikit orang yang kurang berhasil dalam berkecimpung di Reksadana. Banyak sekali faktor-faktor yang menyebabkan kegagalan tersebut. Salah satunya adalah dengan meninggalkan Reksadana tersebut dengan alasan mencari instrumen investasi yang lebih baik atau sudah bosan. Jangan memilih Reksa Dana, jika tak sanggup setia padanya! Mungkin itulah slogan yang pas untuk menanggapi fenomena ini.

Rasanya setiap instrumen investasi membutuhkan kesabaran serta kecermatan demi mendapatkan keuntungan untuk mencapai tujuan finansial Anda. Jika masih bingung dan ragu, sebaiknya jangan pernah coba-coba untuk melakukan investasi. Alih-alih mendapatkan untung, bisa jadi yang Anda dapatkan malah buntung.

Mau memantapkan diri Anda dalam memilih Reksadana? Simak tips berikut ini:

1. Berlaku Jujur

Jujur kepada diri sendiri adalah persiapan mental paling awal dalam berinvestasi produk Reksadana. Mulailah jujur dengan toleransi resiko diri Anda sendiri. Entah Anda adalah orang yang konservatif atau agresif. Pertimbangkan seberapa besar resiko yang bisa Anda terima. Jangan sampai Anda memilih jenis Reksadana yang tidak sesuai, dan akhirnya memutuskan untuk meninggalkannya.

2. Berinvestasi di Berbagai Instrumen

Jika prinsip utama dalam Reksadana adalah “Jangan memilih Reksa Dana, jika tak sanggup setia padanya!”, maka prinsip utama dalam setiap investasi adalah “Jangan hanya meletakkan telur yang Anda miliki dalam satu keranjang”. Istilah tersebut dapat diartikan “Jangan hanya menginvest di satu instrumen saja”. Minimal Anda berinvestasi di dua jenis Reksadana dengan tingkat resiko yang bertingkat, entah itu Reksadana Pasar Uang, Reksadana Pendapatan Tetap, Reksadana Saham, dan Reksadana Campuran. Dengan begitu, fundamental investasi Anda bisa saling menguatkan. Cara ini juga dapat membuat Anda tidak mudah bosan.

3. Cermat dan Teliti

Banyak sekali informasi-informasi yang bisa Anda dapatkan ketika melakukan browsing tentang nama Reksadana yang Anda incar. Jangan langsung tergiur dengan performa positif di masa lalu. Perlu ketelitian dalam memilih serta memilah produk Reksadana yang memiliki masa depan cerah. Dan biasanya tidak begitu tergantung kepada performanya di masa lampau.

Saran-saran dasar diatas kurang lebih bisa memantapkan diri Anda dalam memilih Reksadana. Selalu ingat jangan memilih Reksa Dana, jika tak sanggup setia padanya! Selamat berinvestasi.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty