Tips Belajar Sukses Sebelum Memulai Bisnis

By on April 22, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 3,062 kali

Start-Up Bisnis – Semua orang sebelum memulai bisnis pasti menginginkan bisnis yang akan dimulainya mencapai kesuksesan. Namun, tidak ada cara yang pasti untuk bisa membuat bisnis Anda selalu mencapai kesuksesan. Banyak pebisnis yang telah menyusun rencana bisnis dengan matang dan optimis akan sukses malah mengalami kegagalan karena satu dan lain hal, itu disebabkan business plan/ rencana bisnis yang matang pun tidak bisa menjamin keberhasilan bisnis Anda. Hanya saja, bukan berarti tidak akan ada orang yang akan sukses dalam menjalankan sebuah bisnis. Oleh karena itu, seorang pebisnis yang akan memulai usahanya tentu harus mempelajari kiat-kiat sukses dari para pebisnis yang telah berhasil membangun bisnisnya. Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar Anda bisa menggapai kesuksesan dalam menjalankan bisnis.

Segera jalankan bisnis tanpa menunggu waktu lama

Menjalankan sebuah bisnis memang membutuhkan suatu ide. Pasalnya, sebuah ide yang besar dan unik akan menjadi kunci sukses bagi anda dalam menjalankan bisnis. Hal ini dikarenakan hanya Anda satu-satunya orang yang tahu bagaimana menjalankan bisnis tersebut dengan tepat. Namun, sebuah ide besar hanya akan menjadi impian belaka jika Anda tidak segera mewujudkannya. Oleh karena itu, Anda harus segera mengeksekusi bisnis sesegera mungkin. Hal itu untuk memungkinkan agar tidak ada pesaing yang menjalankan konsep bisnis sesuai dengan ide besar Anda.

Jalin kerja sama yang baik dengan pemasok

Salah satu kunci sukses dalam berbisnis adalah memiliki seorang rekan bisnis yang bisa memasok setiap kebutuhan bahan baku yang dibutuhkan. Dengan begitu, Anda tidak perlu harus repot-repot terjun langsung ke pasar atau pemasok untuk membeli bahan baku. Dengan adanya sebuah kerja sama yang baik antara Anda dan pemasok maka dimungkinkan akan mendapatkan harga bahan baku yang lebih murah. Oleh karena itu, jangan pernah ragu untuk menjalin kerja sama yang baik dengan para pemasok. Bayangkan, jika Anda memiliki banyak rekan bisnis yang bekerja sebagai pemasok? Tentunya, Anda akan bisa mendapatkan banyak sekali jenis bahan baku dengan harga yang sangat murah.

Jangan pernah mengecewakan konsumen

Seperti yang sudah dikenal oleh masyarakat umum bahwa seorang pembeli adalah raja. Oleh karena itu, tanpa keberadaan para raja tersebut maka perusahaan Anda pun bisa dikatakan tidak akan berhasil. Bagaimanapun juga, sebagai seorang pebisnis Anda tidak boleh sekalipun mengecewakan seorang konsumen. Anda harus bisa melayani seorang pembeli dengan cara yang baik agar para konsumen akan kembali tertarik untuk membeli produk milik Anda di kemudian hari. Jika Anda sudah mampu mendapatkan seorang konsumen yang loyal maka bisa dipastikan perusahaan Anda pun akan selalu meraih keuntungan secara kontinyu. Jadi, jangan pernah memberikan pelayanan yang membuat seorang konsumen kecewa.

Selalu kerja keras

Sebuah kesuksesan tidak akan pernah bisa diraih hanya dengan bermalas-malasan. Seorang pebisnis dituntut agar selalu bekerja keras dan tidak boleh cepat merasa puas dengan apa yang sudah dikerjakannya. Seorang pebisnis harus bisa bekerja lebih baik dari waktu ke waktu. Ada banyak cara agar karyawan yang bekerja dengan Anda bisa bekerja dengan lebih giat. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan budaya untuk saling menghargai. Dengan saling menghargai satu sama lain maka bisa membuat karyawan Anda lebih produktif. Bahkan, ada banyak perusahaan yang membangun berbagai macam fasilitas seperti alat kebugaran, atau ruang bermain game dan yang lainnya agar para karyawannya lebih giat bekerja.

Selalu memotivasi diri sendiri untuk berbuat baik

Sebuah kesuksesan tidak bisa diraih dalam waktu singkat. Dan dalam perjalanannya menuju kesuksesan tersebut Anda akan menemukan banyak hal bisa membuat frustasi bahkan putus asa. Oleh karena itu, sebaiknya Anda selalu memotivasi diri sendiri untuk selalu berbuat baik dan positif thinking bahwa selalu ada jalan menuju kesuksesan. Salah satu kunci menuju kesuksesan adalah dengan memberikan pelayanan yang ramah. Menjalin komunikasi dengan pelanggan adalah salah satu cara untuk memberikan pelayanan yang ramah dan selalu berbuat baik kepada pelanggan. Paling tidak, Anda akan mendapat banyak masukan yang bisa menjadi bahan evaluasi untuk meningkatkan produktivitas perusahaan ke depan nantinya.

Saran dari karyawan bisa membantu meningkatkan produktivitas

Sebuah perusahaan akan menjadi lebih mudah berkembang jika menerapkan budaya organisasi yang demokratis. Sebagai seorang pebisnis tentu Anda akan dituntut menjadi seorang yang percaya diri. Tetapi hal itu bukan berarti harus membuat Anda menjadi sosok orang yang diktator sehingga tidak mempedulikan pendapat dari orang lain. Alangkah baiknya jika Anda membangun sebuah perusahaan dengan tradisi yang egaliter sehingga semua orang dibebaskan untuk menyampaikan pendapatnya.

Membangun kultur kekeluargaan

Dengan membangun sebuah kultur kekeluargaan maka sebuah perusahaan akan lebih mudah menuju sebuah kesuksesan. Seperti halnya sebuah keluarga, maka perusahaan akan lebih mudah berkembang dengan cinta yang ada pada diri setiap karyawannya. Karyawan akan menjadi lebih nyaman dalam bekerja jika dirinya merasa aman dan terlindungi karena perusahaan tahu apa yang diinginkannya seperti halnya saat bersama keluarga. Karyawan yang merasa nyaman dalam bekerja akan mudah meningkat produktivitas kerjanya sehingga banyak memberikan keuntungan bagi perusahaan.

Nyaman di tempat kerja

Dengan memakai sebuah seragam memang akan menciptakan sebuah kesan yang eksklusif dan formal. Tapi, bukan berarti sebuah perusahaan yang tidak memakai baju formal tidak akan pernah mencapai kesuksesan. Semua orang bebas mengenakan baju apapun yang disukainya asalkan mereka bisa bekerja keras dan mencapai target yang telah ditentukan. Dengan begitu, maka perusahaan pun akan mudah mencapai target dan banyak mendapat keuntungan.

Stay humble

Bisa disukai oleh banyak orang tentu akan memberikan keuntungan tersendiri. Oleh karena itu, agar bisa disukai oleh banyak orang maka Anda harus menjadi orang yang humble dan selalu down to earth. Orang-orang dengan sifat yang baik dan rendah hati akan lebih mudah disukai oleh banyak orang. Jika Anda merasa sudah bisa diterima di lingkungan kerja maka akan dengan mudah menjalin kerja sama dengan siapapun. Jadi, jangan pernah membuat banyak orang kecewa dan putus asa dengan sifat yang kurang baik seperti sombong, iri hati maupun arogan terhadap semua orang. Mereka yang bisa membangun hubungan baik dengan orang maka akan banyak menuai keuntungan yang maksimal.

Sumber: studentpreneur.co