Tips Agar Dapur tetap Mengepul Walau Harga Dollar Sedang Gila-gilaan

By on October 6, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 349 kali

Perencanaan Keuangan – Tips agar dapur tetap mengepul walau harga dollar sedang gila-gilaan. Saat ini mata uang dollar Amerika Serikat (US$) sedang menjadi pemuncak ekonomi dunia. Keperkasan dollar kian tak terbendung, terutama pada mata uang negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

Indonesia adalah salah satu negara yang terkena dampak langsung terhadap keperkasaan dollar tersebut. Rupiah kian tertekan. Penguatan dollar terhadap rupiah sudah mencapai kisaran empat belas ribuan rupiah per 1 dollar.
Akibatnya gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK), melonjaknya harga kebutuhan pokok, lesunya atmosfer investasi, dan dampak ekonomi lainnya semakin terasa di tanah air.

Dan yang dampak yang paling terasa adalah pada sektor rumah tangga. Menggilanya dollar terhadap rupiah yang membuat kebutuhan rumah tangga kian sulit diperoleh. Daya beli masyarakat mulai berkurang karena harga kebutuhan yang melonjak tajam.

Lalu bagaimanakah mensiasati hal tersebut? Adakah tips agar dapur tetap mengepul walau harga dollar sedang gila-gilaan? Cari tahu yuk rahasianya melalui ulasan dan informasi berikut ini.

Siapkan Tabungan dan Investasi

Agar kebutuhan rumah tangga tak terlalu terhimpit, Anda perlu mempersiapkan sejak dini tabungan atau cadangan keuangan. Hal ini guna mengantisipasi semakin menggilanya pengaruh dollar yang terus menguat terhadap mata uang rupiah.

Tabungan akan membantu Anda untuk berbagai kebutuhan rumah tangga maupun kebutuhan lainnya. Anda bisa pula menukarkan uang Anda dengan dollar agar suatu saat bisa ditukarkan kembali menjadi mata uang rupiah saat harganya menguat. Bisa pula dengan berinvestasi produk reksadana yang berhubungan dengan dollar.

Tabungan bisa Anda manfaatkan untuk kebutuhan jangka pendek, menengah maupun jangka panjang. Di tengah sulitnya kondisi ekonomi sekarang tabungan layaknya penyelamat bagi hidup seseorang.

Terapkan Pola Hidup Sederhana

Barangkali sulit membiasakan pola hidup sederhana seperti sekarang. Semua kebutuhan seraba mahal dan melonjak. Bagaimana mungkin bisa hidup lebih sederhana? Sebenarnya bila dipikir hidup sederhana justru menjadi kekuatan untuk mengantisipasi kekuatan dollar yang semakin menggurita.

Pola hidup sederhana akan membuat dapur Anda tetap menyala dan mengepul. Hidup sederhana tak akan membuat Anda terpuruk dan mati konyol. Jadi Anda tak perlu menghabiskan uang untuk kebutuhan yang tak penting dan kurang mendesak. Jadikan uang Anda sebagai alat untuk kebutuhan yang penting-penting saja. Kurangi kebiasaan hidup mewah di saat dollar sedang memuncak sekarang ini.

Hindari Berhutang

Salah satu perilaku yang tak boleh dilakukan di tengah-tengah keperkasaan dollar seperti sekarang adalah kebiasaan berhutang. Hutang hanya akan membuat Anda semakin terhimpit dalam cengkraman ekonomi.

Berhutang di saat seperti ini bisa membuat dapur Anda tak mampu maksimal mengepul. Kebutuhan pun semakin sulit diperoleh jika hutang dilakukan apalagi jika hutang tersebut sudah menumpuk dan tersebar di mana-mana.
Namun bila kondisi darurat hutang bisa saja Anda jadikan jalan keluar, tapi bukan satu-satunya. Di sini Anda perlu cermat dalam berhutang. Jangan sampai mencekik kehidupan ekonomi Anda. Inilah salah satu tips agar dapur tetap mengepul walau harga dollar sedang gila-gilaan.

Belanja Produk Dalam Negeri

Menggunakan produk dalam negeri merupakan cara jitu untuk menyelamatkan ekonomi bangsa. Dengan membeli produk sendiri Anda telah menyelamatkan banyak pihak seperti pengusaha kecil dan menengah. Namun gaung produk dalam negeri sendiri kurang begitu diminati.

Andalah yang harus memulai menggunakan produk dalam negeri untuk menyelamatkan rupiah agar kembali stabil serta membuat ekonomi Indonesia membaik.