Tips Agar Bisnis Tetap Menguntungkan dan Tak Kehilangan Pelanggan

By on March 27, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 3,154 kali

Tips Agar Bisnis Tetap Menguntungkan dan Tak Kehilangan PelangganStart-Up Bisnis – Sebuah kata bijak menyebutkan bahwa mempertahankan jauh lebih sulit daripada saat meraihnya. Begitu pula dalam dunia bisnis, mempertahankan konsumen agar tetap membeli produk Anda pastinya jauh lebih sulit. Pasalnya, tidak sedikit kompetitor Anda yang selalu memberikan penawaran terbaru baik terkait dengan produk maupun diskon yang diberikan dalam setiap pembelian. Oleh karena itu, Anda harus memiliki strategi yang ampuh agar pelanggan tetap memilih Anda dalam membeli produk.

Memberikan layanan pendukung lebih baik

Seharusnya sudah terbayang di benak Anda jika lini usaha yang dijalankan adalah sebuah bidang jasa. Pada dasarnya, Anda tentu harus memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen. Pasalnya, sudah terlanjur berkembang citra di masyarakat bahwa pembeli adalah seorang raja. Para konsumen pun menginginkan supaya mereka selalu mendapat pelayanan yang terbaik bak seorang raja. Oleh karena itu, Anda sebaiknya selalu meningkatkan sistem pelayanan yang terbaik dan jauh melebihi yang dimiliki oleh pesaing Anda.

Jangan abaikan survey pelanggan

Salah satu cara ampuh untuk mengetahui apa saja kebutuhan pelanggan atau mengidentifikasi sistem penjualan Anda selama ini adalah dengan melakukan survey. Anda bisa memberikan sejumlah pertanyaan secara random kepada konsumen terkait pelayanan yang sudah diberikan baik melalui kotak saran ataupun melalui email pelanggan yang sudah terdata selama ini. Jangan takut jika Anda memang akan dicela oleh pelanggan. Pasalnya, pelanggan yang sedang marah kepada pelayanan Anda biasanya akan memberikan input yang baik untuk memperbaiki segala kekurangan selama ini. Dengan begitu, Anda bisa meluncurkan sistem pelayanan terbaru ataupun produk yang lebih baik untuk pelanggan agar selalu memberli produk Anda.

Jangan sekali-kali menurunkan kualitas pelayanan

Bagi para pebisnis yang sudah memiliki usaha mapan biasanya akan mudah terlena. Hal itu ditunjukkan dengan mudahnya para pebisnis yang mengurangi kualitas pelanggan karena satu dan lain hal. Padahal, pada saat itu mungkin konsumen Anda memang sedang mengalami kesulitan. Tetapi Anda dengan semena-mena menurunkan kualitas pelayanan. Padahal, Anda bisa memberi tahu pelanggan Anda agar bisa menyesuaikan dengan layanan kualitas yang diberikan. Misalnya Anda menggunakan layanan member, jika pelanggan belum membayar iuran bulanan maka jangan langsung menurunkan statusnya dari premium ke layanan normal. Anda bisa memberikan notifikasi bahwa iuran wajib pada bulan ini belum dibayar oleh pelanggan Anda. Pasalnya, bisa saja pelanggan Anda justru akan meninggalkan Anda saat bertindak semena-mena.

Memberikan diskon khusus untuk pelanggan tertentu

Sebagai seorang pebisnis, Anda harus bisa melakukan tindakan yang inovatif dan tak terduga sama sekali. Misalnya saja, Anda memberikan diskon khusus kepada pelanggan yang telah melakukan pembelian dengan jumlah maksimum. Selain itu, Anda bisa menggunakan poin untuk sejumlah pembelian produk tertentu. Bahkan, Anda juga bisa memberikan poin yang dapat ditukar dengan kupon potongan diskon saat pelanggan mengisi survey atau memberikan testimoni setelah membeli produk Anda. Adanya pemberian diskon maka akan semakin meningkatkan semangat konsumen untuk tetap membeli produk-produk dari Anda.
 
Jangan ragu untuk meminta saran kepada konsumen yang berhenti berlangganan

Tidak sedikit pebisnis yang justru tidak tahu kenapa pelanggan setianya meninggalkannya untuk tidak kembali membeli produk Anda. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi Anda jika menginginkan sejumlah informasi terkait para konsumen yang mulai meninggalkan Anda. Hal itu bisa digunakan sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepda pelanggan yang masih bertahan dimmas yang akan datang. Bahkan, jika Anda memiliki tim khusus untuk menangani hal ini maka Anda pun bisa mencegah agar pelanggan setia Anda mengurungkan niatnya untuk meninggalkan Anda.

Jangan pernah ragu untuk selalu memberikan kualitas pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Pasalnya, loyalitas pelanggan akan memberikan keuntungan yang lebih besar kepada perusahaan Anda.

 

Sumber: studentpreneur.co