Tips Agar Angsuran Bank Baik-Baik Saja!

By on February 1, 2017 | Artikel ini Sudah di baca 211 kali

Perencanaan Keuangan – Banyak orang sering mengalami kesulitan dalam melunasi cicilan pinjaman bank. Akibatnya, kondisi keuangan seseorang bisa terancam bahaya. Bila gagal membayar cicilan buka saja bisa merusak reputasi kredit melainkan bisa membuat tercekik utang.

Nah, Agar tidak terjadi, seperti dikutip dari Cekaja.com, ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum mengajukan pinjaman bank. Berikut ini ulasannya:

1. Hitung kemampuan kredit

Bank biasanya menghitung kemampuan Anda membayar utang sebelum mengabulkan permohonan pinjaman. Caranya, dengan mengalkulasi pendapatan dan pengeluaran, serta seluruh utang yang dimiliki. Namun, sebelum mengajukan pinjaman, juga bisa menghitung sendiri kemampuan kredit yang dimiliki.

Caranya dengan mengurangi pendapatan dengan faktor pengeluaran dan cicilan utang lainnya. Bila pengeluaran plus cicilan utang tak lebih dari 30 persen pendapatan, artinya Anda masih layak untuk mengajukan utang.

Nah, dengan cara ini jadi tahu berapa nilai kredit yang layak untuk ajukan. Sehingga, ke depannya tidak akan kesulitan melakukan pembayaran kewajiban cicilan.

2. Buat dua rekening

Tujuannya, agar memudahkan dalam melakukan pembayaran cicilan dan transaksi sehari-hari. Bila penghasilan datang, tinggal memisahkannya pada dua rekening tersebut.

Menggabungkan rekening untuk seluruh kebutuhan berpotensi membuat bingung. Alhasil dana yang seharusnya diperuntukkan untuk membayar cicilan utang malah digunakan untuk keperluan konsumsi. Usahakan membuat rekening tidak terlalu banyak, karena berpotesi merugikan secara finansial akibat kewajiban biaya administrasi.

3. Ajukan resktrukturisasi kredit

Restrukturisasi kredit merupakan cara, agar debitur terhindar dari kebijakan bank yang lebih keras. Caranya, dengan menjadwalkan ulang pembayaran utang. Dengan cara ini, banyak debitur terhindar dari kewajiban yang jauh lebih merugikan seperti penyitaan barang jaminan dan sanksi-sanksi lainnya yang lebih merugikan.

4. Cari pinjaman bunga ringan

Pilihan lainnya adalah dengan mencari pinjaman bunga ringan. Upaya ini sebaiknya dilakukan sebelum mengajukan pinjaman bank. Cari tahu lebih dulu, bank mana yang memberi bunga paling rendah.

Anda bisa mencari informasi ini langsung pada kantor bank, atau menggunakan situs perbandingan produk finansial. Dengan demikian, terhindar dari bunga tinggi yang justru bisa membuat kerepotan saat harus melunasi kewajiban.