Tidak Memiliki Dana Tunai untuk Lebaran? Ini Dana Lain yang Bisa Anda Gunakan

By on May 10, 2017 | Artikel ini Sudah di baca 253 kali

Perencanaan Keuangan -Tanpa terasa kita telah memasuki bulan Ramadhan, yang beberapa minggu lagi akan diperingati oleh seluruh umat islam. Selain mempersiapkan hati yang bersih, namun juga harus mempersiapkan keuangan ekstra untuk momen ramadhan ini. Seperti diketahui ramdhan dan lebaran adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dari membengkaknya pengeluaran.

Agar dana tunai yang Anda miliki tidak cepat menipis, saatnya menggunakan kartu kredit untuk membeli sejumlah kebutuhan yang bisa dibeli menggunakan kartu sakti ini. Tapi, bukan berarti semua barang kebutuhan bisa dibeli dengan kartu kredit ya.

Seperti dikutip dari CekAja.com, berikut ini sejumlah barang kebutuhan Ramadan yang bisa dibeli menggunakan kartu kredit.

1. Baju Lebaran

Item yang satu ini biasanya wajib, khususnya bagi Anda yang sudah memiliki anak. Bila dana tunai Anda sedang seret karena banyaknya kebutuhan, kebutuhan satu ini bisa dibeli menggunakan kartu kredit.

Dan untuk membeli itu baiknya tunggu momen yang tepat di mana mall dan pusat perbelanjaan mengeluarkan promo diskon Lebaran. Saat itu, keluarkan kartu kredit Anda sehingga keuntungan bisa diperoleh lebih besar karena Anda memperoleh poin reward dari setiap belanja yang dilakukan.

2. Bahan pokok

Kebutuhan bahan pokok biasanya naik saat Ramadan. Namun, jangan langsung menghabiskan dana tunai Anda untuk kebutuhan satu ini. Bisa-bisa, ketika ada kebutuhan yang mengharuskan Anda menggunakan dana tunai, Anda sudah tak lagi memiliki dana.

Pada kondisi seperti ini Anda bisa menggunakan kartu kredit. Beli bahan kebutuhan di supermarket. Agar lebih menguntungkan, beli bahan tersebut di supermarket yang memang bekerjasama dengan penerbit kartu kredit Anda. Anda pun dapat menikmati diskon khusus sehingga membuat pengeluaran Anda lebih hemat lagi.

3. Bahan bangunan untuk renovasi rumah

Biasanya, untuk menyambut bulan penuh hikmah, umat muslim berbenah untuk menyiapkan hati dan jiwanya lebih bersih lagi. Untuk urusan kebersihan fisik, mereka yang merayakan Ramadan biasanya menyiapkan hunian mereka agar sesuai dengan suasana Ramadan yang serba bersih. Untuk itu, renovasi kecil biasanya dilakukan mulai dari membersihkan rumah, mengecat ulang tembok dan pagar serta memperbaiki bagian-bagian kecil.

Meski kelihatannya sepele, urusan satu ini bisa memakan dana juga lho. Nah, bila tidak mau kehabisan uang tunai, kartu kredit bisa Anda gunakan. Beli saja bahan bangunan di supermarket bahan bangunan yang kini banyak beroperasi di kota-kota besar. Dengan cara ini, Anda bisa jauh menghemat uang tunai untuk keperluan Lebaran nanti.

4. Bensin untuk mudik

Bagi mereka yang merayakan Lebaran, tak lengkap rasanya bila tidak mudik. Hal ini berlaku untuk mereka yang masih memiliki kampung halaman atau tinggal berjauhan dengan orangtua. Biasanya, mudik dilakukan beberapa hari atau beberapa pekan sebelum Lebaran.

Bila Anda mudik menggunakan kendaraan pribadi, tentu harus menyediakan bujet untuk bensin kendaraan. Nah, agar dana tunai yang Anda miliki masih tersedia hingga Anda merayakan Lebaran di kampung halaman, pembelanjaan bensin bisa dilakukan menggunakan kartu kredit. Menariknya, beberapa kartu kredit bekerjasama dengan SPBU tertentu yang memberikan promo khusus setiap pembelian menggunakan kartu kredit.

Nah, itu beberapa tips yang bisa digunakan agar dana cadangan Anda tidak terpakai atau saat dana tunai Anda sedang seret. Namun yang pasti ingat jika Anda tidak menggunakan kartu kredit dengan bijak, maka akan mejadi buah simalakama untuk Anda sendiri. Semoga Anda bisa bijak!