Tertarikah Investasi Condotel atau Condominium Hotel?

By on September 1, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 564 kali
Condotel

Investasi Properti – Sebelumnya, pernahkan Anda mendengar kata condotel? Dalam Bahasa Indonesia, Condotel disebut dengan kondotel yang berarti kondominium hotel. Jadi condotel dan condominium hot adalah dua hal yang sama. Sekarang ini, banyak yang menggunakan condotel sebagai salah satu instrument investasi. Bisakah condotel atau condominium hotel ini menghasilkan return yang besar? Bagaimana kah cara kerjanya? Tertarikah investasi condotel atau condominium hotel ini? Mari kita lihat bersama penjelasannya.

Sama seperti namanya, condotel atau condominium hotel adalah bangunan yang mirip seperti apartemen. Tergantung tipe yang ada, satu unit condotel bisa beberapa macam ruangan seperti kamar, ruang tamu, dapur, dan kamar mandi. Selain unit-unit ini, condotel juga dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas umum layaknya yang disediakan di hotel berbintang, misalnya saja restoran, kolam renang, spa, dan meeting rooms.

Cara kerja investasi ini pun tidak jauh berbeda dengan cara kerja investasi apartemen. Investor membeli unit kondominium untuk selanjutnya disewakan kepada tamu-tamu yang menetap atau sekedar menginap beberapa hari di condotel ini. Dapat disimpulkan jika condotel ini disewakan layaknya hotel namun memiliki ruangan yang lengkap layaknya apartemen.

Layaknya investasi di bidang properti yang lainnya, investasi condotel menyediakan beberapa keuntungan. Salah satunya adalah pendapatan yang didapatkan dari uang sewa. Berbeda dengan apartemen yang uang sewanya bisa Anda dapatkan tiap bulan atau tahun. Anda bisa mendapatkan uang sewa tiap minggu atau tiap hari dengan memiliki satu unit kondominium. Fasilitas-fasilitas dalam kondominium ini pun dapat digunakan secara gratis, termasuk kenyamanan untuk menginap gratis. Kabar baiknya lagi, setiap unit condotel harganya cenderung akan semakin naik tiap tahunnya dan bisa mencapai kenaikan sampai 20% per tahun. Jika saja Anda membutuhkan uang pinjaman, Anda bisa menggunakan unit kondominium ini sebagai agunan pinjaman Anda di bank.

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam berinvestasi condotel atau condominium hotel ini. Apalagi kalau bukan lokasi yang strategis dan memiliki banyak fasilitas pendukung yang baik. Sangat baik jika memiliki unit condotel di daerah-daerah wisata, dimana banyak orang yang membutuhkan tempat singgah. Konsep bangunan juga tidak kalah penting untuk diperhatikan. Dua faktor lainnya adalah pengelola hotel dan juga pengembangnya.

Sayangnya, belum banyak yang melirik investasi yang satu ini. Biaya satu unit condotel memang mahal. Belum lagi biaya-biaya lainnya yang perlu Anda keluarkan seperti perawatan, biaya listrik atau air, dan biaya asuransi. Belum lagi, Anda tidak memiliki hak bangunan.

Setelah mengetahui seluk beluk investasi ini, masih tertarikah investasi condotel atau condominium hot? Bagi Anda yang suka berbeda daripada yang lain, pilihan investasi ini bisa dijadikan pilihan yang baik. Semoga bermanfaat.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty