Tertarik Investasi Saham CFD?

By on December 20, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 3,040 kali
CFD

Tertarik Investasi Saham CFD?

Jika Anda tertarik investasi saham CFD, Anda harus tahu dulu apa itu saham CFD. CFD yang saat ini banyak diketahui orang adalah Car Free Day. Namun, bukan itu kepanjangan dari CFD ini, CFD adalah Contract For Difference.

 CFD dalam dunia bisnis investasi adalah merupakan salah satu bentuk dari instrumen investasi. Dalam membeli instrumen investasi berupa kontrak CFD artinya kita telah membeli saham dimana saham tersebut bentuknya tidak nyata sebuah saham. Tingkat atau resiko dari saham CFD ini sama besarnya baik itu untuk keuntungan maupun kerugiannya dengan yang berinvestasi dengan saham yang bentuknya nyata.

Masih tertarik investasi saham CFD ini, perlu diketahui juga bahwa dalam bertransaksi dengan saham CFD ini hanya dapat dilakukan dengan saham dari negara selain Indonesia yaitu Amerika dan beberapa negara lainnya. Di Indonesia, sahamnya masih dalam proses pengembangan karena itulah belum bisa digunakan untuk bertransaksi saham CFD ini dengan menggunakan saham lokal.

Membedakan saham lokal dan saham CFD bagi yang tertarik investasi dengan saham CFD juga wajib diketahui. Dalam saham CFD tidak dikenal dengan yang namanya kepemilikan. Karena tidak ada bentuk fisik yang nyata dari saham ini, maka ketika membelinya kita tidak akan mendapat bentuk kepemilikannya. Dalam trading dimana ativitas jual beli dari saham ini terjadi, yang akan dilibatkan hanyalah nilai kontrak dari saham tersebut. Nilai keuntungan yang didapatnya akan sama nilainya ketika kita melakukan ativitas jual beli dengan saham lokal. Hal ini terjadi karena aktivitas trading yang terjadi dengan saham CFD walaupun bentuk sahamnya tidak nyata, nilai sahamnya akan tetap mengikuti pergerakan nilai saham yang terjadi di bursa.

Jika selama melakukan investasi saham lokal selalu dihadapkan pada antrian. Maka, hal yang membuat tertarik investasi saham CFD adalah dengan tidak perlu mengantri untuk berinvestasi dengan saham ini. Melakukan transaksi saham CFD adalah di komputer. Untuk mendapatkan penjual dan pembelinya pun mudah dan tidak akan memakan waktu yang lama. Sehingga ini menjadi kelebihannya yang banyak membuat orang tertarik.

Hal lain yang menjadikan orang tertarik investasi saham CFD adalah modalnya yang kecil. Modal yang dibutuhkannya adalah dari total modal saat bertransaksi saham lokal hanya 10% nya saja. Sedangkan keuntungannya, pelaku trading akan mendapatkan keuntungan 10% dari modal tersebut.

Dalam saham CFD juga disediakan short sell sebagai fasilitasnya. Jika dalam melakukan transaksi dengan saham lokal penggunaan short sell ini dilarang bahkan oleh bursa efek karena penggunaannya yang tidak bisa dengan bebas serta biaya yang digunakannya pun besar. Maka, ketika bertransaksi dalam trading dengan menggunakan saham CFD, penggunaan short sell ini sangat mudah untuk dapat dilakukan.