Tertarik Investasi CFD?

By on December 12, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 2,787 kali
Index

Tertarik Investasi CFD?

Tertarik investasi CFD mungkin banyak dipikirkan oleh beberapa orang ataupun perusahaan saat ini. Apalagi rasa tertarik investasi CFD ini bukan hanya karena berbagai tawaran dari beberapa perusahaan futures dengan jasanya untuk mengarahkan perusahaan berkembang dengan diarahkan pada CFD dengan menjaring nasabah dan keuntungan yang besar. Tertarik investasi CFD juga karena keuntungan serta kelebihannya. Kelebihan dari investasi saham CFD lah yang menjadi daya tarik utama untuk tertarik investasi CFD karena sama halnya keuntungan yang diberikannya dengan investasi saham lokal biasa namun dalam menjalankannya lebih mudah, transparan, dan menguntungkan Anda sebagai investor.

Melakukan investasi dengan saham CFD berarti Anda telah membeli saham yang mana bentuk saham tersebut tidak nyata. Karena tidak adanya bentuk nyata dari saham ini Anda pun tidak akan diberi hak kepemilikan atas insturmen pasar modal tersebut. Namun, walaupun demikian sebgai investor Anda tidak perlu ragu, karena dalam melakukan transaksinya Anda akan bertransaksi melakukan jual beli dengan menggunakan nilai kontrak atas saham CFD tersebut. Nilainya akan sama dengan harga dari nilai saham lokal karena pergerakan dari nilai saham CFD ini tetap mengikuti pergerakan harga saham yang terjadi di bursa.

Dalam membeli saham CFD untuk berinvestasi ini pun hanya memerlukan modal dalam jumlah yang kecil. Untuk melakukan transaksinya, digunakan sistem dengan konsep trading and leverage. Konsep trading and leverage adalah sistem yang sama dengan sistem hutang. Konsep ini juga menjadi alasan mengapa dalam investasi CFD hanya memerlukan modal dalam jumlah yang kecil. Alasannya, karena CFD merupakan jenis saham dengan dalam perdagangannya tidak ada kepemilikan aset tapi tetap memiliki kontrak. Sehingga, walaupun modalnya kecil, kemungkinan dari trader untuk bisa untung tau rugi itu akan sama dengan yang memiliki kepemilikan saham nyata. Karena, kontrak tersebut menyebabkan saham CFD ini tidak ada bedanya dengan produk derivatif yang ada. Kontrak tersebut juga yang akan membuat saham CFD memiliki kemampuan dalam penggunaan short sell. Liquiditas dari saham CFD ini pun tinggi.

Mengenai short sell, kemampuan saham CFD adalah dimana dalam bertransaksi tidak diharuskan untuk membeli terlebih dahulu seperti halnya saham biasa. Saham CFD memperbolehkan untuk membeli ataupun menjual terlebih dahulu. Dalam CFD, likuidasi posisi bisa dengan bebas dimasuki karena tidak berjangka dan tidak adanya tanggal kadaluarsa. Ini menguntungkan dan sebagai suatu kelebihan karena berbeda dengan saham biasa atau saham lokal yang berjangka yang membutuhkan waktu lama untuk mencapai sebuah posisi. Maka, ketika melakukan investasi dengan saham CFD ini, Anda bisa masuk dengan bebas pada posisi yang diinginkan dan bebas untuk berapa lama pun Anda memilih berada di posisi tersebut.