Tempat Dan Tata Cara Pembelian Investasi Reksadana

By on June 5, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 2,637 kali

Investasi Reksadana – Dunia investasi saat ini mulai berkembang dengan pesat, mengingat bahwa masyarakat indonesia sendiri banyak yang tertarik dengan program perencanaan keuangan tersebut, yang salah satunya ditawarkan dalam bentuk investasi reksadana. Memang tidak semua orang mengetahui dengan pasti mengenai jenis investasi yang satu ini, terutama bagi para investor pemula. Oleh sebab itulah, seringkali muncul pertanyaan mengenai bagaimana memulai cara investasi reksadana dengan tepat? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya apabila investor menentukan terlebih dahulu mengenai tujuan dari investasi yang dilakukannya, serta memahami pula mengenai profil resiko yang mungkin dihadapinya.

Seperti halnya bentuk investasi lain, pada investasi reksadana pun terdapat peluang resiko yang mungkin dihadapi, baik itu antara bentuk keuntungan yang tidak dijamin, dan bahkan adanya kerugian yang bisa saja ditimbulkan karena nilai investasi yang menurun begitu saja. Hal inilah yang biasanya mendasari para investor pemula untuk selalu mempelajari terlebih dahulu mengenai produk, kebijakan, dan juga resiko dari jenis investasi yang hendak dilakukannya, seperti halnya pada investasi dari reksadfana ini.  Sehingga pada akhirnya investor pun dapat memilih produk dari investasi reksadana yang lebih sesuai dengan tujuan dan juga tingkat kemampuan ekonomi yang dimilikinya.

Tempat Pembelian Reksadana

Produk dari reksadana dapat dibeli melalui dua cara yang berbeda. Cara yang pertama adalah dengan membelinya secara langsung melalui lembaga yang mengelola dan juga menerbitkan produk reksadana tersebut seperti halnya Manager Investasi (MI). Sementara itu, cara yang kedua adalah pembelian yang dilakukan melalui Bank, pembelian melalui cara kedua ini memiliki kelebihan dengan tersedianya berbagai macam jenis produk dari reksadana yang transaksinya dapat dilakukan secara mudah melalui sistem auto debet. Tetapi, untuk kelemahannya terkadang tidak memiliki produk favorit yang biasanya hanya di jual pada MI yang mengelolanya itu sendiri.

Cara Pembelian Reksadana

Dalam melakukan pembelian dari produk reksadana itu dapat dilakukan melalui cara investasi reksadana berdasarkan ketentuan :

1. Tranksaksi pembelian dapat dilakukan pada hari bursa, pembelian seperti ini tidak jauh berbeda dengan sistem yang dilakukan saat Anda membuka rekening pada bank. Seperti halnya mengisi berbagai macam jenis formulir yang berkaitan dengan produk reksadana yang hendak Anda beli, dan juga persiapan dari persyaratan yang harus Anda penuhi. Salah satu persyaratan wajib diantaranya adalah KTP dan juga NPWP.

2. Transaksi biasanya diproses berdasarkan pada NAB per unit. NAB adalah Nilai Aktiva Bersih, yaitu satu nilai yang menggambarkan total kekayaan reksadana dalam waktu setiap harinya. NAB ini dipengaruhi oleh harga pasar dari aset reksadana, dan selain itu ia juga dipengaruhi oleh pembelian serta bentuk penjulan yang dilakukan oleh para investornya itu sendiri.

3. Batasan waktu (cut off time) adalah rentang waktu yang diberikan untuk penerimaan transaksi setiap harinya. Baik itu dalam melakukan pembelian atau pun penjualan kembali.

4. Hal terakhir yang biasanya terdapat dalam cara investasi reksadana, adalah bagian saat Anda menerima Surat Konfirmasi. Surat ini biasanya diterbitkan dalam waktu 7 hari kerja setelah formulir asli diterima oleh piihak bank.