Teknik Menentukan Harga Barang

By on February 19, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 330 kali

Bisnis – Cara menentukan harga jual suatu produk memang penting agar harga jual dari produk yang anda miliki sesuai. Hal ini penting karena meminta orang untuk membayar terlalu mahal pada produk atau servis yang anda berikan akan menyebabkan orang berhenti kembali dan menggunakan produk atau jasa anda, sedangkan meminta mereka membayar terlalu murah akan menyebabkan margin keuntungan anda kecil dan menyebabkan konsumen memiliki pendapat bahwa produk anda memiliki kualitas yang rendah. Untuk menghindari terlalu banyak opini dan kerugian, anda perlu menentukan harga optimum yang bisa anda dapatkan dari produk dan jasa anda. Ada banyak faktor yang penting untuk anda perhatikan untuk menentukan harga produk dan jasa yang anda miliki, faktor tersebut antara lain adalah:

Pasar

Untuk menentukan harga yang ingin anda tetapkan pada produk anda, anda harus mengerti market anda. Anda perlu mengerti berapa banyak konsumen anda akan membayar. Hal ini dapat anda dapatkan dari melihat harga yang dimiliki oleh kompetior anda. Anda bisa menentukan untuk menyamakan harga atau memberikan harga yang lebih murah dari kompetitor anda. Memilih untuk menyamakan harga mungkin akan terlalu riskan bagi anda karena kompetitor sudah memiliki pelanggan terlebih dahulu.

Teknik Menentukan harga yang tepat

Cara menentukan harga jual suatu produk yang tepat didapatkan dengan mengetahui teknik yang tepat. Untuk mendapatkan harga yang tepat untuk sebuah produk, anda bisa memulainya dengan mempelajari teknik penentuan harga yang benar. Teknik penentuan yang benar antara lain adalah cost-plus pricing dan juga Value-Based pricing.

Mengolah biaya yang digunakan

Untuk menentukan harga sebuah produk, anda juga harus memperhatikan biaya yang anda gunakan untuk hal hal selain biaya produksi, seperti biaya pembangunan produk atau jasa. Lalu hitung biaya variabel anda seperti bahan produksi, bahan untuk packaging dan juga bahan bahan lainnya. Selain itu perhatikan juga biaya yang anda gunakan untuk menjalankan operasi. Biaya ini meliputi biaya sewa tempat, pajak dan juga kebutuhan produk yang lain. Anda bisa menambahkan biaya lain lain ini kedalam persenan di dalam harga produk anda. Cara ini adalah cara untuk menentukan harga dasar yang dimiliki oleh produk anda.

Menggunakan teknik Cost-plus price

Teknik atau Cara menentukan harga jual suatu produk yang pertama adalah dengan menentukan margin. Setelah anda mendapatkan harga dasar untuk produk anda, maka anda harus menentukan margin atau mark-up. Margin atau mark up adalah sebuah nilai tambah dari produk atau jasa anda, yang anda gunakan sebagai keuntungan anda dalam melakukan bisnis.

Margin atau mark-up seharusnya di ekspresikan sebagai sebuah nilai persentase. Pada industri yang normal, pengalaman atau pengetahuan terhadap market akan membantu anda untuk menentukan mark-up atau margin. Jika harganya tampak terlalu mahal maka sebaiknya anda mengurangi harga tersebut. Tapi anda perlu berhati-hati ketika anda akan menggunakan teknik pricing ini. Karena teknik ini hanya dilakukan dengan asumsi bahwa anda menjual semua produk anda. Sehingga biaya produksi semuanya tertutupi. Jika produk anda tidak terjual, maka keuntungan anda akan menipis.

Menggunakan Teknik Value-Based Price

Cara menentukan harga jual suatu produk dengan menggunakan teknik ini dilakukan dengan mengetahui market anda terlebih dahulu. Anda bisa menentukan harga dengan cara melihat di market mana anda akan menjual produk dan jasa. Jika anda memiliki produk seharga 20 ribu rupiah anda bisa menjualnya dengan harga beragam, misalnya 30 ribu atau bahkan 100 ribu. Cara menentukan harga jual suatu produk ini ditentukan di pasar mana produk ini akan dijual, tinggi, menengah atau rendah.