Teknik dan Gaya dalam Ber-Trading Saham

By on July 1, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 4,017 kali

Teknik dan Gaya dalam Ber-Trading Saham

Apabila anda seorang investor yang masih terbilang baru maka ada baiknya anda mempelajari segala hal dalam bertrading. Mungkin ada banyak teknik dan juga gaya dalam perdagangan hari diluar sana baik dari media cetak maupun artikel di internet yang bisa dimanfaatkan oleh para investor, oleh sebab itu anda sebagai pelaku investasi juga harus bisa memilih gaya seperti apa yang sesuai dengan anda. Pada dasarnya menentukan gaya trading itu penting untuk dilakukan serta dalam pemilihannya perlu anda integrasikan dengan rencana anda, akan tetapi seperti apapun strategi yang anda gunakan itu tergantung dari masing-masing pribadi serta apakah teknik yang telah anda pilih itu dapat bekerja dengan baik untuk membantu anda dalam mendapatkan keuntungan . Sebab dengan menjatuhkan pilihan teknik bertrading yang sesuai dengan kenyamanan anda maka kemungkinan yang akan bisa anda dapatkan juga akan jauh lebih maksimal dan tentunya menguntungkan bagi anda.

Untuk itu apabila anda pedagang baru maupun yang sudah berpengalaman namun hingga saat ini belum belum menemukan gaya trading yang tepat untuk anda, maka segeralah untuk menemukannya supaya anda juga lebih nyaman dalam bertrading. Ada beberapa teknik dalam perdagangan hari yang mana juga akan kami informasikan beberapa di bawah ini dan juga akan kami beri ulasan secara singkat.

Yang pertama adalah “Trend Berikut”, salah satu strategi dalam perdagangan jenis ini dimana seorang pedagang mencoba memperoleh perdagangan yang cenderung ke arah perdagangan saat itu dimana suatu saham sedang mengalami pergerakan. Pedagang yang menggunakan teknik ini memanfaatkannya untuk menaikkan trend selama mungkin dan ketika trend tersebut berbalik arah maka seorang trader bisa langsung keluar dari perdagangan yang dilakukan. Cara ini bisa berjalan untuk day trader. Kemudian gaya berikutnya ada “Momentum Perdagangan”, dengan teknik ini para pedagang bisa mencoba mencari saham untuk menemukan yang akan pindah ke arah dengan volume lebih tinggi lalu mencoba memperoleh kapal yang digunakan untuk mendapatkan suatu keuntungan dengan cara naik “kereta momentum”. Mungkin ini akan menentukan panjang pendeknya suatu posisi, sehingga pedagang momentum bisa memegang suatu posisi trading mereka untuk beberapa waktu. Namun semua itu tergantung dari seberapa cepat saham itu mengalami pergerakan dan juga perubahan arahnya. Pada intinya suatu indikasi dari pembalikan dapat kita ketahui dengan mencari saham yang mengalami pergerakan yang signifikan serta berada pada volume yang tinggi dan terus menerus mengalami kenaikan. lalu ada pula “Scalping”, teknik ini merupakan strategi perdagangan yang bisa dilihat nilai keuntungannya dari adanya perubahan harga yang kecil. Untuk tujuannya sendiri adalah memperjual belikan suatu saham dengan penawaran harga tertentu, kemudian setelah dirasa sesuai segera menjualnya dengan harga yang lebih tinggi untuk mendapatkan suatu keuntungan. Jenis perdagangan yang biasa menggunakan cara ini lebih dikenal dengan sebutan calo. Namun bisa juga dengan mendapatkan suatu keuntungan yang relatif kecil dari perdagangan yang dilakukan dengan menggunakan penyebaran suatu bid-ask. Pedagang ini percaya mengenai langkah kecil yang dilakukan tadi untuk memperoleh pergerakan harga yang lebih besar. Sebenarnya seorang calo memungkinkan untuk melakukan beberapa trading langsung dalam sehari. Namun pendekatan jenis ini mampu bekerja untuk mendapatkan suatu keuntungan yang kecil akan tetapi dengan banyaknya trading yang dilakukan dalam satu hari misalnya maka bisa mencegah suatu kerugian yang besar.

Gaya trading di atas hanyalah sebagian dari gaya trading yang ada. Jadi pada dasarnya masih ada beberapa pilihan gaya bertrading yang juga bisa anda pilih. Namun setidaknya dari beberapa gaya yang kami ulas di atas bisa memberi gambaran tipikal bertrading seperti apa sih anda.