Tanpa Disadari Anda Sering Melakukan Kebiasaan Boros Ini!!

By on August 19, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 353 kali
Boros

Perencanaan Keuangan – Hidup hemat sudah menjadi kebiasaan yang perlu diterapkan sejak dini, apalagi kalau penghasilan kamu ngepas untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Tapi, tahukah kamu kalau ada beberapa macam kebiasaan boros yang sering tidak kita sadari sehari-hari? Supaya kamu bisa mengantisipasinya, coba cek di bawah ini:

1. Pakai barang dengan merk berkelas

Sesekali membeli barang ber-merk mungkin tidak masalah, namun jika terlalu sering dilakukan maka pengeluaran kamu akan membengkak. Sebelum memutuskan untuk membeli barang ber-merk, coba perhatikan dulu apakah kamu perlu membeli barang tersebut atau bisa diganti dengan barang biasa saja.

“Memang sih merk memang menunjukkan prestige / memberikan kebanggaan tersendiri, namun untuk kebutuhan sehari-hari coba cari merk alternatif yang lebih murah “

2. Terlalu banyak makan di restoran

Makan di restoran sebenarnya tidak masalah, namun jika setiap hari kamu selalu makan di restoran tentu akan membuat pengeluaran kamu cepat bengkak. Cobalah memvariasikan pengeluaran makan kamu dengan membuat bekal sendiri. Selain membuat bekal sendiri lebih hemat, higienitasnya juga lebih terjaga.

“Alternatif lainnya, manfaatkan kartu kredit untuk mendapatkan harga-harga promo saat makan di restoran.”

3. Beli air mineral dalam kemasan botol

Air mineral dalam botol memang lebih terjamin kebersihannya, namun jika terlalu sering dilakukan maka kamu akan cepat boros. Sebaiknya kamu memilih membeli air dalam ukuran galon agar jumlah biaya yang kamu keluarkan per botol jauh lebih hemat.

“Kalau alasan kamu beli air minum botol karena air di kantor kurang higienis, tuang air dari gallon kamu sendiri ke botol minum untuk dibawa.”

4. Bepergian naik taksi ke mana-mana

Jika kamu tidak punya kendaraan pribadi, maka bepergian menggunakan taksi hampir setiap hari akan membuat pengeluaran kamu super boros. Untuk mengakalinya, kamu bisa mengajak teman / menjemput teman dalam perjalanan yang kebetulan searah agar biaya taksi bisa dibagi bersama.

“Kamu bisa pakai kendaraan umum atau ojek online yang harganya lebih terjangkau sekarang. Jika suatu saat kamu beralih ke kendaraan pribadi, pastikan kendaraan kamu tidak boros bensin ya.

 

5. Tarik tunai di ATM bersama

Kecuali kepepet, sebaiknya kamu hanya menarik uang tunai di ATM yang sesuai dengan kartu debit kamu. Menarik uang tunai terlalu sering di ATM bersama mengakibatkan biaya administrasi yang membengkak.

“Kalau memang ATM untuk menarik uang tunai yang sesuai dengan kartu debit kamu jarang tersedia, maka kamu bisa sekaligus menarik uang dalam jumlah yang agak banyak untuk menghemat biaya administrasi.”

Antisipasi kebiasaan-kebiasaan yang bisa bikin boros agar kamu bisa menabung lebih banyak ya.

 

 

Artikel ini dipersembahkan oleh HaloMoney

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty