Tahapan Penting Cara Investasi Reksadana

By on December 11, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 274 kali

Investasi Reksadana – Cara investasi reksadana harus diketahui dengan benar. Supaya bisa memperoleh keuntungan optimal dan terhindar dari kerugian apalagi penipuan. Penawaran produk ini sangat gencar ditawarkan berbagai bank. Berkonsultasi dengan perencana keuangan bisa dilakukan, bila ingin mulai terjun di jenis investasi ini. Ketahui berbagai ketentuannya dan cara perhitungan investasinya. Berikut ini tahapan penting dalam berinvestasi reksadana.

Perencanaan awal sebelum investasi reksadana

Pada saat awal, penting untuk memahami tujuan investasi dan perhatikan juga risikonya. Penurunan nilai investasi bisa saja terjadi. Sehingga bisa mendatangkan kerugian bagi investor. Setidaknya ada ratusan produk reksadana yang ditawarkan di Indonesia. Karenanya, sebelum memilih salah satunya, wajib memahami fakta atau beragam informasi berhubungan dengan produk reksadana dengan rinci dan lengkap. Prospektus reksadana harus dipahami dengan baik.

Anda bisa memperoleh informasi produk reksadana dari dokumen Fund Factsheet. Informasi ini biasanya dirilis oleh manajer investasi atau perusahaan investasi. Laporan tersebut menampilkan kinerja bulanan, sekaligus ringkasan informasi penting di sebuah prospektus. Sebagai contoh minimal dana investasi, komposisi portofolio, strategi investasi dan tujuan investasi.

Sediakan waktu mencukupi, agar bisa memahami produk reksadana dengan baik. Khususnya perihal kebijakan dan juga risiko investasi. Termasuk mengenal reputasi dan kinerja manajer investasi tersebut. Anda harus mempelajari tata cara investasi ini dan berbagai biaya transaksinya kalau dibebankan kepada investor. Lalu, memilih produk disesuaikan tujuan investasi, profil risiko dan kemampuan ekonomi.

Tempat terpercaya membeli reksadana

Anda bisa membeli reksadana dari lembaga pengelola dan penerbit produk reksadana, yang dikenal dengan nama manajer investasi. Keuntungan membeli langsung adalah modal investasinya lebih terjangkau, termasuk dengan beban biaya lebih murah. Dengan modal 100 ribu hingga 250 ribu saja, Anda sudah bisa memulai investasi. Sayangnya, pilihan produk reksadananya terbatas. Dikarenakan disesuaikan dengan produk yang dijualnya saja.
Investor bisa membeli reksadana dari bank, yang sudah mengantongi izin dari APERD atau Agen Penjual Reksadana. Kelebihannya, terdapat banyak pilihan produk reksadana. Termasuk bisa membeli produk dari banyak manajer investasi. Fasilitas auto debet juga disediakan. Sehingga transaksi pembelian reksadana berlangsung semakin mudah.

Aturan pembelian reksadana

Sejumlah ketentuan umum harus diketahui, saat akan bertransaksi reksadana. Apa saja yangharus Anda pahami?

  • Transaksi hanya bisa dilakukan di hari bursa. Saat akan buka rekening reksadana, nasabah harus mengisi formulir dan membubuhkan tanda tangan  dengan tinta asli. Kemudian memenuhi syarat dokumen lain dan menyiapkan dana yang akan diinvestasikan. Dokumen seperti KTP dan NPWP adalah dokumen yang harus disiapkan. Kalau investasi dengan nama institusi, harus menyampaikan anggaran dasar dari perusahaan bersangkutan dan syarat dokumen lain.
  • Proses transaksi sesuai dengan NAB atau Nilai Aktiva Bersih. NAB merupakan nilai total kekayaan reksadana di setiap hari. Nilainya dipengaruhi oleh harga pasar, pembelian serta penjualan reksadana investor. Harga tersebut hanya dipublikasikan sekali sehari di beragam media cetak atau online. Nilai per unit NAB yang tinggi, tidak menunjukkan kalau reksadana itu mahal dan sebaliknya. Tapi sebagai indikator kalau reksadana terbilang lama, sehingga asetnya mengalami kenaikan.

Setelah proses pembelian reksadana, Anda akan mendapatkan Surat Konfirmasi Transaksi yang diterbitkan bank kustodian. Setidaknya dalam tujuh hari bursa, sesudah formulir asli dan dana didapatkan oleh bank kustodian. Anda akan memperoleh laporan konfirmasi transaksi dan laporan perkembangan dari dana yang diinvestasikan setiap bulannya. Pastikan selalu menyimpan laporannya, sebagai bukti kepemilikan reksadana. Inilah sejumlah tahapan penting, sebagai cara investasi reksadana.