Sukses Dalam Investasi Properti

By on September 11, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 648 kali

Investasi properti memang menguntungkan, meskipun dalam keadaan ekonomi yang buruk, investasi properti tetap bisa memberikan sebuah keuntungan. Selain itu resiko yang didapat dari investasi properti biasanya tidak besar dan masih bisa diatasi. Namun ada kalanya dalam melakukan investasi properti orang-orang sering melakukan kesalahan dan terlalu bernafsu dalam jual beli rumah maupun tanah. Akhirnya mereka pun membeli rumah atau tanah yang tidak jelas atau yang tidak memiliki nilai jual. Anda jangan gegabah dalam melakukan investasi properti ini. Ada beberapa hal yang mesti Anda perhatikan jika Anda ingin benar-benar sukses dalam investasi properti. Kalau pun Anda membeli rumah atau tanah yang tidak memiliki nilai jual maka Anda harus berusaha untuk mengubahnya dengan meningkatkan nilai jualnya dengan berbagai cara.

Jeli Terhadap Waktu Yang Tepat

Dalam melakukan sebuah investasi properti maka Anda harus jeli terhadap waktu yang tepat dalam membeli dan menjual properti Anda. Memang sebaiknya Anda tetap mengiklankan properti yang Anda jual itu setiap hari karena jika properti yang Anda miliki hanya didiamkan dan menunggu waktu maka ditakutkan akan terjadi kerusakan pada properti Anda. Namun Anda tetap harus tahu kapan waktu yang tepat untuk menaikkan harga jual properti Anda. Kemudian sesuaikan juga dengan berbagai faktor yang membuat properti Anda itu mempunyai nilai tambah. Misalnya dengan lokasinya yang strategis maka Anda memberikan harga jual yang lebih tinggi. Begitu juga karena kualitas lingkungannya, misalnya air yang bersih atau lingkungan yang sejuk dan tenang juga bisa membuat harga jual properti tersebut menjadi lebih tinggi.

Memilih Lokasi Strategis

Lokasi yang strategis itu berarti properti Anda berada di kawasan yang dekat dengan berbagai macam pusat, seperti pusat perkantoran, pusat perbelanjaan atau juga pusat bisnis. Sehingga ke depannya bisa dipastikan bahwa properti Anda yang berada di lokasi yang demikian, semakin harinya harganya akan terus semakin melonjak naik dan naik. Maka dari itu Anda harus rajin merawat properti Anda tersebut sehingga bisa memiliki nilai jual yang lebih tinggi lagi.

Harus Pintar Mengelola Keuangan

Ketiga, untuk sukses dalam investasi properti maka Anda harus pintar dalam mengelola keuangan Anda terutama yang digunakan untuk pembiayaan properti Anda. Karena meskipun usaha properti Anda sudah berjalan dan Anda sudah memiliki beberapa properti di beberapa tempat namun Anda juga tetap mengeluarkan sejumlah biaya untuk perawatannya. Maka dari itu, jika benar-benar ingin mendapat untung Anda harus bisa mengelola keuangan Anda dengan baik. Untuk mengelola keuangan dengan baik tidak perlu dengan belajar ekonomi secara mendalam, Anda bisa mencoba berbagai tips atau meminta saran kepada yang lebih berpengalaman dalam mengelola keuangan.

Pilih Prospek Properti Yang Menguntungkan

Jika Anda tinggal di kota besar maka Anda memiliki lebih banyak pilihan dalam memilih prospek properti yang bisa Anda maksimalkan dalam investasi properti. Misalnya di kota-kota besar prospek properti yang paling menguntungkan adalah bangunan seperti apartemen dan ritel. Prospek properti yang demikian biasanya bisa membuat modal Anda kembali dalam waktu yang cepat. Apartemen bisa memberikan pengembalian hingga 12 persen dalam waktu yang cepat, sedangkan ritel berupa toko atau kios bisa memberikan pengembalian hingga 9 persen. Tentunya itu semua bergantung pada dimana Anda tinggal juga. Jika Anda tidak tinggal di kota besar, maka prospek lahan yang bisa Anda lakukan hanya berkisar di perumahan, tanah atau ritel saja, karena di kota-kota kecil apartemen tidak terlalu dibutuhkan karena tidak banyak diminati dalam investasi properti.