Sudahkah Anda Tahu Kiat Membeli Logam Mulia?

By on January 13, 2017 | Artikel ini Sudah di baca 567 kali

Investasi Emas – Terdapat beberapa poin yang perlu Anda perhatikan ketika Anda hendak membeli emas logam mulia.

1. Tentukan terlebih dahulu bentuk emas yang hendak Anda beli. Tiap bentuk memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. Sesuaikanlah dengan kondisi finansial dan alasan yang mendorong Anda membeli emas tersebut. Apakah Anda membeli emas untuk alat investasi jangka pendek ataukah investasi jangka panjang?
Jika kondisi finansial Anda memadai, Anda dapat memutuskan membeli emas logam mulia dalam pecahan besar. Keuntungan membeli dalam jumlah pecahan besar adalah turunnya biaya premium per gram yang wajib dibayar apabila dibandingkan dengan satuan kecil. Biaya sertifikat, asuransi serta biaya kirim acapkali dibebankan pada pembeli. Namun  bila tujuan Anda membeli emas sebagai alat investasi dasar maka disarankan membeli dalam pecahan kecil sebab pecahan kecil lebih cepat untuk dijual kembali.

2. Janganlah membeli emas logam mulia yang memiliki bentuk khas (fancy bar) seperti emas logam mulia berornamen, berbentuk liontin maupun koin koleksi. Bentuk khas umumnya akan terkena premium yang lebih mahal namun likuiditasnya rendah. Inilah yang menyebabkan harga jualnya menjadi lebih rendah dibanding ketika Anda membeli.

3. Silahkan melakukan riset dalam mencari distributor emas logam atau perusahaan dagang yang menawarkan harga paling kompetitif. Pastikan perusahaan tersebut menyertakan sertifikat keaslian dari manufaktur yang terakreditasi. Terkadang distributor membebankan semua premium pembayaran pada pembeli. Cek apakah harga per gram telah termasuk biaya sertifikat. Sebagian distributor menambahkan fasilitas pengiriman dan jaminan asuransi, sebagian lain tak menarik biaya sertifikat untuk pembelian pecahan tertentu. Hitung semua biaya sebelum Anda melakukan pembandingan. Bandingkan pula selisih antara harga penawaran (sell price) dengan harga pembelian (buy price). Carilah distributor yang memasang selisih jual -beli secara masuk akal.

4. Perusahaan pemurnian emas di Indonesia yang telah diakui oleh LBMA (London Bullion Market Association) adalah PT. Antam, Tbk. Bila Anda membeli emas logam mulia, pastikan bahwa penguji (assayer) produk logam mulia Anda adalah PT. Antam, Tbk dan LBMA. Berikut adalah cara memeriksa keaslian sertifikat emas logam mulia PT. Antam, Tbk dan emas logam mulia yang diterbitkan PT.Antam,Tbk.

a) Diterawang
Jika sertifikat emas logam mulia PT.Antam, Tbk Anda terawang di bawah cahaya lampu atau cahaya matahari, akan muncul tanda air berbentuk dua huruf C yang saling berkait sehingga membentuk huruf S. Huruf S merupakan lambang dari PT. Swadharna yang mencetak sertifikat tersebut.

b) Tanda Air Di Bawah Ultra Violet
Sertifikat Antam mempunyai tanda air istimewa di bawah sinar ultraviolet ( UV ). Ada pula logo PT. Antam, Tbk dipojok kiri bawah juga simbol LBMA sebagai badan penguji (assay).

c) Kecocokan Data
Usai memeriksa keaslian sertifikat antam, cocokkan data yang tertera di lembar sertifikat dengan data yang dicetakkan di emas logam mulia. Data serta nomor registrasi harus sama di antara  keduanya.

d) Disain Cetak Unik
Emas logam mulia PT. Antam diterbitkan dengan desain cetak yang khas. Desain ini berubah dari tahun ke tahun. Pada masing-masing batang, terdapat kode registrasi produk, logo PT. Antam,Tbk, berat serta kadar emas.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty