Strategi Promosi Produk Yang Paling Efektif

By on September 17, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 327 kali

Start-Up Bisnis – Sebuah Cara Promosi efektif agar produk anda dikenal banyak orang sangat memerlukan sebuah strategi yang tepat dalam mempromosikan produknya. Sehingga jika menggunakan sebuah strategi promosi yang tepat akan sangat mudah untuk mencapai sebuah kesuksesan dalam sebuah bisnis. Hal ini karena Anda bisa mendapatkan peluang yang tepat disaat kamu memasarkan produk penjualan yang sedang dijalankan dengan strategi yang sangat tepat. Sehingga untuk mencapai sebuah kesuksesan itu, ada baiknya untuk mempertimbangkan beberapa strategi dalam mempromosikan produk yang paling efektif berikut ini.

Manfaatkan Fungsi dari Media Sosial

Saat ini sudah banyak pembisnis yang memanfaatkan fungsi dari media sosial untuk memasarkan produk dagangannya agar lebih dikenal dan laku. Banyak media sosial yang memiliki fungsi untuk memasarkan produk dan memperkenalkan produk diantaranya adalah Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya. Anda bisa melakukan strategi dalam memprosikan produk dengan memberikan pendekatakan yang lebih ke personal kepada konsumen sehingga terkesan lebih dekat.

Sponsori Sebuah Perlombaan

Untuk mengenalkan produk dagangan bisa dilakukan dengan membuat sebuah kegiatan perlombaan. Dengan menjadi sponsor dalam sebuah perlombaan sebenarnya ini bisa menjadi sebuah ide yang cukup baik dalam memperkenalkan dan mempromosikan produk dengan masyarakat secara luas. Anda bisa meletakkan logo dalam poster atau beberapa jenis pamplet dalam perlombaan sehingga peserta dan penonton bisa lebih mengenal dari brand atau produk yang Anda miliki

Berikan Produk Gratis

Jika tujuan dari promosi Anda adalah untuk mengenalkan produk baru atau baru akan memulai bisnis. Anda bisa menggunakan Strategi ini sebagai cara untuk memasarkan langsung kepada target konsumen Anda. Yang perlu diperhatikan adalah untuk memberikannya secara gratis dalam bentuk sample.

Berikan Bonus untuk Rekomandasi

Cara ini bisa Anda gunakan sebagai strategi dalam mempromosikan produk yang dianggap paling efektif. Berikan bonus pada pelanggan yang membawa pelanggan lain. Bonus ini bisa diberikan dengan berupa uang tunai, diskon harga atau bisa juga dengan memberikan produk secara gratis. Cara ini bisa digunakan untuk membuat pelanggan semangat mengajak orang lain untuk memberikan rekomendasi pada produk.

Penempatan Produk

Jika produk adalah jenis makanan atau minuman maka penempatan produk sangatlah berpengaruh pada jenis penjualan dan strategi yang digunakan. Manfaat letak produk ke tempat yang lebih strategis sehingga barang mudah dilihat dan menarik perhatian dari pelanggan

Lakukan CSR atau Corporate Social Responsibility

Hal lain yang perlu dilakukan agar barang dagangan banyak dikenal orang lain adalah dengan memberikan rasa kepedulian dengan melakukan beberapa kegiatan amal dengan melakukan promosi langsung barang dangannya sehingga masyarakat akan lebih mengenal produk barang dagangan yang kalian dagangkan.

Lakukan Observasi Pembeli

Sebagai cara untuk memperkenalkan produk secara luas sangat penting untuk melakukan pelayanan yang ramah dengan pelanggan dengan melakukan observasi kepada konsumen setelah melakukan pembelian. Cara ini bisa dilakukan dengan memberikan pesan singkat, menelpon langsung atau bisa juga melakukan survei melalui email dan datang ke rumah pembeli jika memungkinkan. Hal ini akan akan memberikan kemudahan bagi konsumen jika mereka ingin memberikan kritikan, saran dan juga sebuah testimoni positif mengenai barang dagangan yang kamu jual.

Beberapa cara di atas bisa kamu lakukan dan bisa kamu pertimbangkan dengan mengabungkan beberapa strategi promosi lainnya dalam upaya untuk Cara Promosi efektif agar produk anda dikenal banyak orang sehingga barang dagangan menjadi sangat laris dan laku di pasaran.