Strategi Investasi Sesuai Profesi

By on October 7, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 267 kali
Investasi Reksadana vs Emas

Investasi Reksadana – Apa sih yang dimaksud  dengan strategi investasi reksadana sesuai profesi? Untukmenjawab pertanyaan tersebut sebaiknya Anda kenali terlebih dahulu mengenai investasi itu sendiri. Investasi pada dasarnya seringkali diibaratkan sebagai pohon. Jika pohon tersebut dirawat dengan benar dan juga baik maka ia pun akan tumbuh sebagai pohon yang rimbun. Begitu pun dengan investasi. Apabila Anda melakukan investasi yang sesuai dengan kemampuan seperti halnya profesi yang Anda miliki, dan menjalaninya dengan baik, maka bukan tidak mungkin investasi yang Anda lakukan pun akan memberikan hasil yang optimal.

Dari penjelasan di atas muncullah anggapan bahwa investasi tidak boleh untuk ditunda-tunda, bahkan seorang Presiden direktur dari PT Samuel Aset Manajemen yang bernama Agus B. Yanuar juga menyatakan pendapatnya mengenai investasi tersebut yang memang sebaiknya dimasukkan dalam agenda bulanan secara rutin yang Anda miliki. Menurut beliau dengan cara tersebut dapat melatih para investor muda untuk lebih disiplin dalam menghadapi masa depannya. Selain itu, investasi juga bisa dimulai dengan nilai yang minim sekali pun, karena untuk saat ini memang sudah banyak instrument investasi yang bisa dilakukan dalam jumlah minim tersebut.
Beliau juga menegaskan bahwa untuk investasi yang disesuaikan dengan profesi dari pekerjaannya ini bisa disesuaiakan dengan mengikuti teori yang berasal dari The Cashflow Quadrant yang berasal dari tokoh Robert Kiyosaki. Dalam teori tersebut penghasilan manusia memang dibagi berdasarkan pada empat kuadran yang berbeda, yang mana kuadran tersebut berkaitan dengan profesi yang dimilikinya. seperti halnya kuadran pertama yaitu pekerja atau employee, kemudian kuadran pengusaha atau business owner, lalu kuadran pekerja lepas atau disebut dengan self employee, dan juga kuadran terakhir yang biasanya dikenal sebagai investor atau para penanam modal.

Setiap orang yang bekerja seperti pada pembagian kuadran di atas tentunya memiliki bentuk waktu dan juga tenaga yang sangat berharga, karena itulah mereka harus tepat dalam memilih investasi dan juga menyerahkannnya pada pihak ahli yang memang memiliki tugas untuk mengelolanya dengan benar. Salah satu bentuk investasi yang tepat tersebut adalah investasi reksadana, terutama bagi mereka yang memiliki waktu serta tenaga yang terbatas, namun ingin memiliki hasil lebih.

Mengapa reksadana menjadi solusi yang tepat? Karena investasi yang satu ini dikelola oleh pihak manajer investasi yang sudah dikenal memiliki tingkat profesionalitas tinggi, dan juga berpengalaman melalui bentuk tim manajemen yang dimiliki olehnya. Namun bagi Anda yang ingin memulai bentuk investasi yang satu ini, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu dua bagian dari hal utama yang wajib untuk dipertimbangkan dalam memilih investasi tersebut, dua hal tersebut adalah :

– Perhatikan bentuk karakter dan juga profil resiko yang dimiliki dari investasi tersebut
– Perhatikan pula bentuk dari bentang horison pada investasi keluarga yang Anda miliki.

Bagi mereka yang memilih investasi reksadana juga terdapat dua bentuk saran yang bisa dipertimbangkan dilihat melalui usia yang dimiliki oleh pihak investor tersebut. Bagi para investor yang masih aktif atau memuiliki usia muda dan masih dalam tahap mengakumulasikan aset yang dimilikinya, maka bentuk produk investasi yang sebaiknya ia pilih adalah bentuk investasi reksadana dengan nilai resiko yang lebih tinggi, seperti halnya pada bentuk reksadana saham serta reksadanan campuran.

Berbeda dengan mereka yang berusia muda, bagi para investor yang sudah berusia lanjut dan mulai memasuki masa pensiun, tetapi tetap ingin mempertahankan nilai aset yang dimiliki olehnya, maka Anda dapat memilih jenis produk reksadana dengan resiko yang lebih kecil, seperti halnya pada bentuk reksadana pasar uang atau bahkan reksadana dengan pendapatan tetap.

Selain itu, investasi reksadana adalah pilihan tepat sebagai bentuk diversifikasi investasi. Terutama jika dibandingkan dengan properti. Demikianlah bentuk strategi investasi reksadana sesuai profesi yang bisa coba Anda lakukan.