Strategi dalam Menentukan Saham yang Baik

By on August 11, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 224 kali

Investasi Saham – Bagi Anda yang berniat melakukan investasi saham, apakah Anda sudah mengetahui bagaimana cara menentukan saham yang baik? Jika belum, maka sebaiknya Anda menyimak postingan kami kali ini mengenai bagaimana cara menentukan saham yang baik.

Bagaimana Cara Menentukan Saham Yang Baik – Beberapa Strategi dalam Memahami Potensi Investasi Saham

Di bawah ini adalah beberapa strategi bagaimana cara menentukan saham yang baik:

– Strategi Analisis Teknikal
Strategi analisis teknikal berkaitan dengan analisis aktifitas pasar terakhir yang didasarkan pada volume dan harga transaksi. Selain itu strategi analisis teknikal juga didasarkan pada beberapa indikator yang menunjukan prediksi pergerakan harga saham.

– Strategi Dogs of the Dow
Strategi dogs of the dow berpijak pada hasil yang diberikan dalam 50 tahun terakhir yang digunakan untuk menganalisa dan memilih saham di bursa Dow Jones Industrial Average atau DJIA. DJIA mencatat 30 perusahaan, dan 10 perusahaan diantaranya adalah dog of the dow atau perusahaan yang menghasilkan tingkat deviden tertinggi.

– Strategi Can Slim
Strategi Can Slim mengkombinasikan analisis fundamental, analisis teknikal, pertumbuhan atau growth, dan juga nilai atau value. Oleh karena itu strategi ini dapat mengurangi subjektifitas dalam analisisnya.

– Strategi Income Investing
Strategi income investing memiliki tujuan untuk mencari penghasilan atau pendapatan tetap yang dihasilkan oleh pembayaran deviden dari perusahaan yang ditanami saham. Strategi ini menganalisa mana saja perusahaan yang dapat secara terus menerus memebrikan profit bagi investornya.

– Strategi GARP Investing
Strategi GARP investing mengkombinasikan strategi growth investing dan value investing. Strategi ini bertujuan untuk mencari perusahaan yang potensial untuk tumbuh besar dalam jangka panjang padahal pada saat itu hara sahamnya undervalued. Keberhasilan strategi ini telah dibuktikan oleh Peter Lynch seorang investor besar.

– Strategi Growth Investing
Strategi growth investing menekankan pada pertumbuhan saham, yakni ditunjukan dengan tujuan mencari perusahaan yang sedang terus berkembang atau melakukan ekspansi yang menjanjikan.

– Strategi Value Investing
Strategi value investing memiliki tujuan mencari saham yang kuat dalam segi arus kas, nilai buku, deviden, dan pendapatan, namun dijual dengan harga murah. Dalam kata lain, tujuan strategi value investing ini adalah mencari perusahaan perdagangan di bawah nilai perusahaan itu. Strategi ini memiliki kerangka yang disusun oleh professor keuangan di Universitas Columbia, David Dodd dan Benjamin Graham pada tahun 1930.

– Strategi Analisis Kualitatif
Strategi analisis kualitatif ini ditunjukan tidak hanya oleh angka – angka dalam arus kas namun benar – benar mengenai kualitas perusahaan secara subjektif yang dilihat dari merk dagang, competitor di sector tersebut, sector industry tersebut, cara kerja perusahaan, manajemen perusahaan, dan lain sebagainya.

– Strategi Analisis Fundamental
Strategi ini dilakukan untuk mengetahui potensi fundamental sebuah perusahaan yang didasarkan pada beberapa berita yang berkaitan dengan isu ekonomi, politik, keamanan dan kebijakan pemerintah.

Demikian beberapa strategi bagaimana cara menentukan saham yang baik.