Strategi Bagaimana Usaha Kecil Bersaing Dengan Yang Besar

By on October 13, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 928 kali

Start-Up Bisnis – Bisnis adalah dunia yang kejam dengan persaingan sangat ketat memperebutkan konsumen untuk meningkatkan profit. Persaingan juga tidak hanya untuk memperbutkan profit tetapi juga reputasi di mana produsen dengan nama yang lebih dikenal baik di masyarakat akan lebih diuntungkan ketimbang nama-nama baru yang tidak familiar. Tetapi jangan jadikan hal ini menjadi mematikan semangat Anda untuk membuka usaha meski kecil-kecilan. Bisnis yang besar pun awalnya dimulai dari usaha kecil yang terus dikembangkan dengan track record jatuh bangun yang tidak selalu menguntungkan. Untuk persiapan diri Anda, berikut adalah strategi bagaimana usaha kecil bersaing dengan yang besar.

Petakan pasar dan pesaing

Tidak semua pengusaha yang ada di Indonesia adalah pesain Anda. Pesaing bisnis Anda adalah mereka yang memiliki usaha serupa dengan target konsumen yang sama dengan Anda. Untuk bisa mengambil langkah strategi yang tepat sebelumnya Anda harus tahu siapa saja yang menjadi pesaing Anda. Anda juga harus menganalisa pasar dan menentukan target konsumen yang ingin disasar sehingga bisa membuat produk yang sesuai dengan target. Dengan mengenali siapa saja pesaing Anda, strategi untuk mendapatkan konsumen lebih banyak bisa dengan berdasarkan strategi pesaing. Misalnya dengan membuat promosi yang mirip dengan pesaing yang dikemas dengan lebih menarik dan menguntungkan bagi konsumen.

Koalisi dengan pengusaha lain

Bukan hanya partai politik saja yang bisa berkoalisi untuk mendukung atau mengkritik kebijakan pemerintah, Anda sebagai pengusaha kecil juga bisa berkoalisi dengan pengusaha kecil lainnya atau bekerja sama dengan pengusaha yang lebih besar. Dengan bergabung dengan pengusaha lain Anda bisa melakukan kerjasama produksi sehingga menghasilkan produk yang lebih bernilai atau bertukar informasi mengenai strategi yang jitu.

Manfaatkan segala media promosi

Saat ini media periklanan semakin beragam mulai dari mahal hingga yang gratis. Cara promosi yang murah meriah dengan target pasar yang besar adalah dengan menggunakan fasilitas internet. Anda bisa membuat situs untuk bisnis Anda, atau membuat blog dengan konten yang informatif dan mengajak pembaca untuk membeli produk Anda. bisa juga dengan mendekatkan diri dengan konsumen melalui sosial media. Bahkan di sosial media pun Anda bisa beriklan dengan berbayar yang memungkinkan akun Anda mau tidak mau akan berada di timeline pengguna sosmed.

Ciptakan inovasi

Ciri pengusaha yang sukses adalah pengusaha yang mampu memprediksi tren pasar berdasarkan analisa pasar dalam beberapa tahun belakangan. Dengan bisa memprediksi tren pasar maka Anda bisa menciptakan inovasi yang sesuai dengan arah tren sehingga produk Anda akan lebih menarik di mata konsumen. Bila produk Anda biasa saja, sama dengan miliki pengusaha lain dan tidak ada ciri khas maka usaha Anda akan sulit berkembang dan lama dikenal masyarakat luas. Berinovasi terhadap manajemen atau produksi bukan berarti menciptakan barang yang sama sekali masih dianggap aneh oleh konsumen. Anda bisa memodifikasi produk yang sudah ada dengan hal-hal yang unik misalnya penamaan produk yang menarik perhatian orang, atau penggunaan bahan baku yang lebih unggul namun harga tetap terjangkau, dan lain sebagainya.

Membuat promo event yang menarik

Anda mungkin pernah melihat beberapa produk minuman atau makanan yang dijual di pasar tradisional dengan menghadirkan pertunjukan musik kecil-kecilan dengan interaksi dengan pengunjung. Hal serupa bisa Anda lakukan untuk mempromosikan usaha Anda dengan membuat promo yang bisa menarik perhatian banyak orang. Anda juga bisa memberikan potongan harga atau bonus dengan ketentuan tertentu yang memancing konsumen untuk loyal kepada produk Anda.

Incoming search terms: