Solusi Bagi yang Takut Berinvestasi karena Takut Resiko

By on February 3, 2017 | Artikel ini Sudah di baca 524 kali

Edukasi – Investasi merupakan sebuah cara untuk mengembangkan keuangan financial perseorangan atau kelompok dengan memanfaatkan lembaga atau perusahaan yang pada prinsipnya saling menguntungkan antar investor dengan perusahaan. Melihat dari pengertian investasi yang telah dijabarkan, investasi memang sangat penting untuk memenuhi tujuan keuangan Anda di masa depan. Namun masih banyak masyarakat Indonesia yang mempunyai cukup uang, tapi belum berani untuk berinvestasi karena masih takut terhadap resiko yang jadi penghalang.  Berikut ini tips untuk siap menghadapi risiko.

1. Kenali profil Anda

Setiap orang punya level aman yang berbeda-beda dalam berinvestasi. Dengan menganalisis dan mengenali profil risiko, maka seseorang bisa mengatur batas risiko yang dapat diterima dan memilih produk investasi yang membuatnya nyaman. Karena, pada akhirnya, hal yang paling penting bagi seorang investor adalah bisa tidur nyenyak di malam hari.

2. Pertimbangkan perusahaan yang sudah jelas

Banyak jenis investasi yang menawarkan skema yang menarik, tapi ternyata tidak punya izin yang jelas. Sebelum mempertimbangkan, pastikan perusahaan yang menawarkan investasi memiliki izin usaha dari regulator. Kalau bentuknya produk keuangan, izinnya dari Otoritas Jasa Keuangan.

Selain itu, reputasi dan rekam jejak bisa jadi acuan. Beberapa perusahaan atau produk terbaik akan memiliki sejarah penghargaan yang menunjukkan konsistensi kinerja dan keberhasilannya.

3. Ketahui sebab akibat munculnya risiko

Setiap penjual pasti menjelaskan semua yang bagus-bagus dari produknya. Misalnya, tawaran dengan cara seperti ini: “Pak, produk ini kasih return 10 persen bulan lalu lho. Dicoba saja Pak.” Namun ingat! return dan risiko itu seperti dua mata koin yang sama. Kalau ada produk memberi return 10 persen per bulan, artinya juga bisa memiliki potensi kerugian 10 persen per bulan.

Jadi, bersikaplah kritis dalam menghadapi resiko investasi yang mungkin terjadi, karena tidak ada investasi yang menjanjikan low risk high return, sehingga semuanya tergantung pada manajemen resiko Anda. Masa depan Anda berada di tangan Anda sendiri. Selamat Mencoba!

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty