Serunya Bisnis Travel yang Menjanjikan Keuntungan Berlipat

By on January 6, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 510 kali

Inspirasi Bisnis – Serunya bisnis travel sekarang ini makin banyak dilirik oleh orang yang ingin memulai bisnis dan kebetulan menyukai travelling. Namun demikian, jika Anda sebagai seorang pebisnis pemula salah dalam menentukan perencanaan awal maupun target, bukan tidak mungkin usaha yang Anda jalani akan mudah goyah ditengah persaingan bisnis yang ada. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda pikirkan sebelum memulai bisnis travel.

Ketersediaan modal

Ketika Anda ingin mendirikan bisnis di bidang travel, Anda harus mendukung ketersediaan modal yang tersedia, karena nantinya modal yang ada akan membantu Anda melakukan perencanaan terkait hal-hal seperti:

  • Sistem penjualan
    Ketika Anda ingin membuka bisnis di bidang travel, coba pikirkan sistem penjualan yang ingin Anda kembangkan, apakah Anda ingin menjadi seorang agent yang bekerjasama dengan agen lain (reseller atau dropship) atau sebagai pemilik langsung sebuah usaha travel. Hal tersebut karena pilihan yang dibuat secara tidak langsung akan mempengaruhi kebutuhan modal serta sistem promosi yang akan diterapkan.
  • Pendaftaran nama perusahaan
    Ketika Anda ingin mendirikan travel atas nama Anda sendiri, jangan lupa untuk mengalokasikan modal yang digunakan dalam mendaftarkan nama perusahaan Anda. Hal tersebut berguna untuk menghindarkan Anda dari berbagai masalah di kemudian hari seperti masalah pajak atau perijinan.
  • Kerjasama dengan pihak terkait
    Ketika Anda ingin menekuni bisnis di bidang travel, Anda bisa mencoba menjadi member persatuan bandar udara internasional agar Anda bisa mengeluarkan tiket pesawat sendiri. Namun jika alokasi dana yang Anda miliki tidak mencukupi, Anda bisa bergabung dengan agen besar agar dapat mengeluarkan tiket untuk konsumen.

Pemilihan produk unggulan

Ketika Anda ingin menekuni bidang travel, pastikan ada satu atau dua layanan yang akan menjadi produk unggulan Anda kepada masyarakat. Misalnya saja ketika Anda ingin membuka layanan khusus travel ke berbagai lokasi wisata domestik dan mancanegara. Produk unggulan yang dikemas secara jelas juga akan memudahkan Anda dalam memilih strategi promosi yang tepat. Dengan demikian, dalam jangka waktu yang tidak relatif lama Anda akan memperoleh keuntungan yang besar untuk kehidupan ekonomi Anda.

Manajemen keuangan

Ketika Anda memiliki bisnis di bidang travel, manajemen keuangan yang digunakan untuk mengatur banyaknya uang yang masuk dan keluar sangat diperlukan dalam stabilitas ekonomi perusahaan. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu Anda teliti terkait manajemen keuangan, seperti:

  • Biaya operasional yang harus dikeluarkan simultan per bulan, seperti biaya gaji karyawan, biaya pemeliharaan gedung, dan biaya perpanjangan perijinan.
  • Biaya operasional tak terduga yang umumnya dikeluarkan hanya beberapa kali dalam jangka waktu tertentu saja, seperti biaya perbaikan gedung, perbaikan komputer, pemasangan jaringan internet, dan lainnya.
  • Jumlah keuntungan yang didapatkan dalam periode tertentu yang digunakan untuk membiayai transaksi yang terjadi.

Analisa pangsa pasar

Ketika Anda memulai bisnis di bidang travel, Anda juga harus memikirkan cara menganalisis keinginan pasar. Anda bisa mengumpulkan pendapat dari para konsumen yang memakai produk Anda dan membandingkannya dengan kompetitor yang bergerak di bidang yang sama. Semakin banyak data yang Anda kumpulkan, Anda akan semakin mengetahui kelemahan yang dimiliki oleh perusahaan travel yang Anda miliki dan mengupayakan beberapa hal untuk memperbaikinya. Semoga berbagai pertimbangan diatas dapat Anda mengembangkan potensi dalam dunia bisnis dan menikmati serunya bisnis travel yang memang menguntungkan.