Serba-Serbi Investasi Saham

By on January 27, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 230 kali

Investasi Saham – Jika Anda menjadi pemilik dari suatu badan usaha, maka bisa dikatakan bahwa Anda memiliki saham sebagai hasil dari proses investasi saham. Apabila saham yang Anda membeli atau memiliki sebagian saham dari sebuah perusahaan, maka Anda sudah termasuk ke dalam perusahaan dan memiliki klaim dari segi kekayaan atau penghasilan perusahaan. Ketika Anda memiliki saham yang diperjualbelikan, maka Anda memiliki peluang untuk memilki perusahaan-perusahaan besar yang ada di Indonesia saat ini seperti PT. Indosat, PT. Gudang Garam, PT. Astra International, dan sebagainya. Anda sebagai pemiliki memiliki hak untuk menyuarakan pendapat Anda dalam Rapat-rapat Pemegang Saham. Di dalam Rapat-rapat Pemegang Saham, Anda bisa ikut mengambil peran dalam menentukan kebijakan yang dilakukan perusahaan, memilih, atau juga memberhentikan Direksi/Komisaris. Selain itu juga, Anda berhak untuk menerima keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan kepada Pemegang Saham. Pemegang saham disebut juga dengan istilah dividen.

Meskipun kelihatannya menarik, namun pada kenyataannya banyak orang yang masih ragu dengan investasi saham di bursa, salah satu alasannya karena berinvestasi saham adalah aktivitas yang cukup riskan. Banyak orang yang takut apabila telah memilih saham yang salah, sehingga banyak orang yang memilih untuk berinvestasi yang minim risiko. Untuk berhasil dalam melakukan aktivitas investasi saham, maka Anda harus memahami segala macam bentuk yang berkaitan dengan perusahaan saham yaitu laporan keuangan dan keadaan perusahaan. Dengan kata lain, Anda harus memahami segala sesuatu yang berhubungan dengan saham dan memahami pula perkembangan perusahaan yang Anda pilih melalui informasi yang ada di koran-koran atau majalah.
Anda dapat dikatakan sebagai pemilik saham sebuah perusahaan apabila Anda membeli salah satu saham perusahaan yang tercatat di dalam bursa efek. Apabila perusahaan yang Anda beli sahamnya tersebut berkembang dengan baik, maka Anda akan mendapat bagian keuntungan dan harga saham yang Anda beli pun akan naik. Namun apabila perusahaan yang Anda beli sahamnya memiliki kinerja yang buruk, maka nilai dari investasi saham juga akan turun.

Baca juga: Alasan Mengapa Dividen Sangat Penting untuk Investor

Setelah Anda memahami sekilas tentang apa itu investasi saham, maka langkah selanjutnya adalah menentukan apakah Anda tertarik untuk berinvestasi saham atau tidak. Jika Anda tertarik untuk berinvestasi saham, maka Anda bisa menghubungi perusahaan sekuritas yang merupakan anggota dari Bursa Efek. Perusahaan sekuritas seperti apa yang cocok untuk menjadi pialang Anda? Jika Anda masih belum memutuskan, sebaiknya Anda coba untuk menghubungi  beberapa perusahaan efek, setelah itu Anda dapat membandingkan pelayanan dan biaya yang ditawarkan seperti apa.  Pemilihan Anda pada perusahaan dapat menunjukkan bahwa Anda sedang mencari layanan investasi apa yang diinginkan. Tujuannya bisa bermacam-macam, apakah Anda menginginkan perusahaan untuk melaksanakan pesanan Anda, nasihat investasi, atau mengelola portfolio Anda. Semua tergantung kebutuhan dan keinginan Anda. Namun satu hal yang harus diperhatikan bahwa pastikan bahwa Anda mendapatkan layanan yang Anda butuhkan, bukan apa yang Anda inginkan tanpa tahu fungsinya seperti apa.

Baca juga: Mengenal Saham dan Jenis Harga Saham

Sudah tahu perusahaan sekuritas yang cocok untuk Anda? Langkah selanjutnya adalah dengan membuka rekening. Sebagai seorang nasabah baru, perusahaan akan mewajibkan Anda untuk menanda tangani new account agreement. New account agreement adalah semacam kontrak berupa informasi yang terdapat dalam dokumen yaitu hak dan kewajiban yang akan Anda dapatkan selaku pemegang rekening. Kepada perusahaan, Anda harus menjelaskan secara jelas apa tujuan Anda dalam berinvestasi dan bagaimana keadaan keuangan Anda saat ini. Keadaan keuangan yang dimaksud adalah pendapatan, total kekayaan dan pengalaman Anda dalam berinvestasi. Setelah semua informasi didapatkan, maka perusahaan akan memberikan  rekomendasi investasi yang sesuai untuk Anda. Rekening yang Anda miliki dalam investasi saham juga harus jelas siapa yang akan mengendalikannya, apakah Anda sendiri atau memercayakannya kepada perusahaan.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty