Seperti Apakah Kemilau Emas Berjangka di Mata Investor?

By on February 21, 2017 | Artikel ini Sudah di baca 693 kali

Investasi Emas – Emas adalah logam mulia yang termasuk ke dalam jenis komoditas paling digemari dan bahkan di jadikan sarana investasi. Kebanyakan masyarakat Indonesia umumnya memilih emas sebagai sarana investasi dan juga sebagai tanda tingkat sosial di lingkungannya. Investasi emas fisik memang sudah ada sejak jaman dahulu. Namun seiring dengan majunya teknologi, komoditi yang satu ini bisa diperjualbelikan secara online di perdagangan berjangka. Maka dikenal lah emas berjangka di kalangan para investor modern. Lalu, seperti apakah kemilau emas berjangka di mata investor?

Berinvestasi emas fisik saja sudah cukup menguntungkan, apalagi jika perdagangkan secara online yang lebih mudah dan juga cepat? Para investor tidak hanya menganggap emas berjangka sebagai sarana hedging atau sarana lindung nilai, namun juga untuk spekulasi. Dalam investasi emas berjangka, Anda hanya perlu memiliki bukti administrasi dari kepemilikan emas yang Anda beli tanpa harus memegang fisik emas tersebut.

Banyak sekali keuntungan di perdagangan berjangka dan semakin membuat kemilau emas berjangka di mata investor semakin menyilaukan saja. Perdagangan komoditi emas berjangka relatif aman dengan peluang keuntungan yang bergerak bersamaan dengan trend harga emas yang sedang terjadi meskipun terkadang turun. Sedangkan resikonya sudah dibatasi sesuai dengan kesepakatan yang sudah disetujui oleh nasabah dan perusahaan.

Kemudahan dalam bertransaksi didukung oleh teknologi internet dengan kecepatan update harga komoditi setiap menitnya yang bisa diawasi kapanpun dan juga dimanapun. Bahkan harga-harga komoditi yang diperdagangkan dalam bursa berjangka digunakan secara internasional sehingga sama sekali tidak ada perbedaan harga yang bisa terjadi. Apakah likuiditas dalam emas bejangka cukup tinggi? Terdapat mekanisme keuangan yang cukup menarik dalam perdagangan berjangka. Nasabah menginvestasikan sejumlah uang yang juga dijadikan jaminan untuk melakukan jual-beli komoditi berjangka. Uang tersebut berada dalam Bank yang sudah diresmikan oleh pemerintah dan dimasukan ke rekening yang terpisah dari rekening operasional dari perusahaan yang juga sebagai wakil perdagangan berjangka. Likuiditasnya cukup tinggi, sehingga investor dapat melakukan penarikan investasi kapan saja dengan prosedur yang sangat sederhana.

Lalu, bagaimana dengan tingkat keamanannya? Perdagangan emas berjangka memiliki tingkat keamanan yang baik karena emas yang digunakan juga disimpan di bank internasional. Selain itu, perdagangan ini juga sudah diatur oleh Undang-Undang Khusus perdagangan berjangka.

Namun, diperlukan pengetahuan yang lebih dalam berinvestasi emas berjangka. Hal ini tentu saja untuk menghindari berbagai penipuan yang bisa saja terjadi. Salah satu hal yang harus dipahami adalah selektif dalam memilih pialang. Agar tidak mudah ditipu, pengetahuan yang cukup akan perdagangan dalam bursa berjangka juga sangat penting. Kemilau emas berjangka di mata investor masih bersinar terang dan berpeluang besar. Tertarik kah Anda untuk ikut terjun ke investasi ini?