Seminar, Sebuah Strategi Memperluas Bisnis

By on January 6, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 3,623 kali

Seminar Sebuah Strategi Memperluas BisnisStart-Up Bisnis – Bayangkan Anda menjadi host dalam sebuah seminar Anda sendiri. Apakah Anda bermimpi menjadi host  bagi klien untuk akhir pekan, prospek untuk beberapa jam, atau rekan kerja untuk lokakarya siang, mari kita membuat awal tahun 2015 sebagai tahun Anda menyadari tentang mimpi-mimpi Anda! Perencanaan menjadi host seminar dan workshop, atau acara lainnya hampir tidak sesulit seperti yang Anda kira. Dan fungsi krusial bagi para pebisnis adalah bahwa bisnis Anda menjadi lebih terkenal, dipandang bonafide dan professional  serta  Anda akan memiliki banyak pengikut yang siap menganggap Anda sebagai master. Dan hari ini kami hendak berbagi dengan Anda lima rahasia untuk acara yang sempurna.

Tentukan format

Ingat, acara Anda tidak harus empat mata. Acara Anda sebaiknya Bukan Empat Mata dan dipandu oleh Thukul wehehehe Kidding. Anda bisa melakukan hal itu hampir  melalui sarana komunikasi apa saja seperti  telepon atau internet. Anda dapat menawarkan webcast dan chatting live, daftar email (mailing list) untuk diskusi lebih panjang, atau Anda bisa menggunakan ruang pertemuan online seperti webinar (seminar lewat internet) dan menggunakan software-software pembantu seperti Team Viewer supaya dapat melakukan tengok-menengok jarak jauh. Ini contohnya sangat bermanfaat untuk pelatihan trading. Peserta pelatihan dapat melihat contoh live bagaimana melakukan trading, demikian juga trainer dapat memantau perkembangan peserta pelatihan dari PC atau laptop masing-masing.

Selain memutuskan apakah acara Anda akan empat mata atau virtual, Anda juga harus menentukan berapa lama acara akan berlangsung, apa yang akan Anda bahas, dan bagaimana Anda akan membahasnya. Apakah Anda menjadi tuan rumah bagi pembicara tamu? Apakah Anda menawarkan panel diskusi? Atau akankah acara tersebut terutama berbasis materi kuliah? Apa yang paling masuk akal untuk audiens Anda? Format apa yang Anda inginkan? Bagaimana Anda akan maksimal  menyampaikan informasi terbaik Anda?

Memutuskan siapa yang mengundang

Apakah Anda mengiklankan acara tersebut? Buka hanya untuk memilih klien Anda? Menawarkan kepada daftar prospek tertarget?

Mungkin terkesan aneh memutuskan audiens Anda sebelum mempersempit topik Anda, namun dengan menentukan audiens ideal Anda pada urutan pertama, Anda akan dapat membidik tepat pada kepentingan mereka.
Pada tahap ini, Anda juga harus memutuskan berapa banyak orang yang membuat Anda merasa nyaman menjadi host. Apakah Anda membayangkan sebuah kelompok intim kecil sebanyak 20 orang? Atau apakah Anda merasa mampu berbicara di depan ratusan orang?

Memutuskan apa topik yang akan dibahas

Selanjutnya, Anda harus benar-benar mendapatkan inti dari topik Anda. Tentu, Anda harus fokus pada keahlian Anda dan ini akan memberi dukungan yang cukup kuat bagi bisnis utama Anda. Tak mustahil selanjutnya akan terbangun komunitas baru dari acara yang Anda selenggarakan. Namun, apa tepatnya keahlian Anda yang akan Anda bagikan untuk khalayak umum? Keputusan ini memiliki banyak hubungannya dengan tujuan Anda. Apakah Anda ingin mengkonversi prospek menjadi klien? Mencerdaskan klien Anda saat ini? Membangun hubungan dengan rekan-rekan?

Jelas, Anda akan ingin memilih topik Anda sedikit berbeda untuk prospek Anda dari yang Anda lakukan untuk sekelompok klien. Setiap penonton akan memiliki masalah yang berbeda dan kepentingan yang sedikit berbeda pula. Di atas semua itu, Anda tak boleh mempermalukan seminar, pelatihan atau workshop yang Anda selelnggarakan. Artinya, buktikan hasil dari dari apa yang telah Anda kerjakan yang melatarbelakangi Anda membuat acara tersebut. Apakah itu tabungan yang gendut jika itu berhubungan dengan finansial, ataukah slide-slide hasil kerja Anda jika itu berkaitan dengan ketrampilan, atau slide-slide dan proyek temuan Anda jika itu berhubungan dengan keilmuan. Hanya untuk yang bersifat penyuluhan dan semi diskusi, Anda tidak harus terlalu menonjolkan bukti.

Mendapatkan dukungan yang tepat

Ada satu ton perencanaan yang terlibat dalam mewujudkan sebuah lokakarya atau seminar. Anda harus menemukan tempat yang sempurna (atau dukungan teknologi, jika itu akan menjadikan acara tersebut  virtual).  Anda harus mencari hotel untuk para tamu bila mereka harus menginap, mengatur harga khusus, dan merencanakan kegiatan khusus selama di luar kegiatan seminar.

Anda akan berkeinginan menampung tamu khusus dengan cara yang membuat mereka merasa benar-benar dihargai. Anda akan berkeinginan seseorang menciptakan log dari setiap kegiatan, dan mungkin merekam dan menyalin acara sehingga Anda dapat menawarkan salinan kepada peserta.

Singkatnya, Anda membutuhkan partner yang berbagi visi Anda untuk acara Anda. Seseorang atau lebih untuk menangani semua rincian saat Anda sedang penuh kegembiraan, dan berkobar-kobar. Anda dapat dengan mudah menyerahkan rincian ini kepada asisten virtual yang akan bekerja di belakang layar  untuk memastikan seluruh acara Anda berlangsung tanpa hambatan.

Membuat umpan balik dan melakukannya lagi

Anda akan sangat senang memegang acara Anda. Anda akan bersinar dalam sorotan, peserta akan memiliki waktu yang menyenangkan, dan semua baik peserta maupun Anda akan memiliki pengalaman yang luar biasa.
Setelah acara berakhir, pastikan untuk meminta masukan dari para peserta. Mintalah mereka memberitahu apa yang mereka sukai, dan apa yang tidak mereka sukai. Cari tahu bagaimana Anda dapat meningkatkan acara Anda pada kesempatan berikutnya.