Seluk Beluk mengenai Reksadana dan Sejarah Singkatnya

By on December 18, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 272 kali

Investasi Reksadana – Bagaimana sejarah reksadana? Reksadana pertama kali diperkenalkan di Negara Indonesia saat Perseroan Terbatas Danareksa mulai dibangun sekitar tahun 1976 dan perusahaan ini menerbitkan sertifikat bernama Danareksa I dan Danareksa II. Harga atau nilai setiap harinya untuk Danareksa ini diperdengarkan serta diumumkan melalui gelombang siaran radio harga dari 9 macam bahan pokok. Sekitar tahun 1995 Reksa Dana didirikan secara tertutup dengan nama Perseroan Terbatas BDNI Reksa Dana dan penawarannya dimulai dari harga enam ratus juta saham dan nilai per satuannya yaitu sebesar lima ratus rupiah. Total dana yang terkumpul adalah sebsar tiga ratus miliar rupiah.

Cikal Bakal Populernya Reksadana di Negara Indonesia

Reksa Dana berdiri merupakan cikal bakal kemeriahan reksadana di Negara Indonesia tercinta. Berkembangnya cabang reksa dana terlihat mulai tahun 1996 sekitar dua puluh lima Reksa Dana terbuka dan dikelola dengan baik oleh sejumlah dua belas manajer investasi. Menteri keuangan pada pemerintahan saat itu memberikan penghargaan atau Award untuk kedua belas manajer investasi ini karena pendirian Reksa Dana sekitar tahun 1996. Saat itu jumlah total segala aset Reksa Dana yang diberikan nama total jumlah nilai Aktiva Bersih sekitar dua koma delapan triliun rupiah. Total aktiva bersih ini semakin meningkat pada akhirnya hingga delapan triliun rupiah sekitar bulan Juni tahun 1997. Adanya proses peningkatan ini dikarenakan pihak Reksa Dana mulai diminati serta dikenal oleh masyarakat luas dan merasakan peningkatan pengembalian yang baik daripada jenis instrument lainnya.

Fenomena Reksadana Dewasa Ini dalam Rangka Investasinya

Reksadana saat ini tidak lagi menjadi bahan obrolan yang asing. Reksadana menjadi salah satu alat atau instrument penting mengenai investasi yang mudah dijangkau berbagai kalangan sehingga cukup banyak orang yang mengikuti serta tertarik akan jenis investasi ini. Perjalanan penting dan panjang mengenai Reksadana hingga menjadi alat investasi terfavorit tentu memang tidak dalam waktu yang singkat dan menemui banyak halangan serta rintangan.

Sejarah Utama Reksa Dana di Dunia yang Kemudian Berakar di Indonesia

Keberadaan Reksadana awalnya sekitar tahun 1744 diawali oleh Eendragt Maakt Magt yang artinya adalah Persatuan Menciptakan kekuatan. Kata-kata tersebut didapatkan dari gagasan Adriaan van Ketwitch yaitu pedagang dari negeri Kincir Angin yaitu Belanda. Adapun pencetus reksadana ini diikuti oleh Negara lainnya seperti di Negara Swiss sekitar tahun 1849, serta di Negara Skotlandia pada tahun 1880. Saat itu reksa dana yang disediakan hanya sifatnya closed end. Arti dari sistem ini adalah pembeli dari investasi reksadana Cuma bisa menjualnya kepada investor yang lainnya, tanpa harus ke penerbit.

Tetapi pada tahun 1862 dan juga 1867 di Negara Perancis serta Inggris, reksadana model lawas ini terus mengalami revolusi perubahan menjadi namanya Joint Stock Companies Act. Sistem baru ini memungkinkan investor bisa meraup keuntungan berdasarkan perusahaan investasi. Resiko yang diambil juga tidak banyak. Besarnya hanya sama dengan dana yang telah diinvestasikan. Reksadana mulai menjangkau Amerika Serikat pada tahun 1890 dan masih bersifat kuno. Awal mula muncul reksa dana yang populer adalah di tahun 1907 tepatnya di kota Philadelphia dijuluki Alexander Fund. Saat itu track record atau perjalanan reksa dana cukup bagus dan terus bertahan hingga saat ini menduduki Indonesia. Semoga dengan pembahasan di atas bisa semakin memperdalam wawasan kita bagaimana sejarah reksadana.

Incoming search terms: