Selain Sebagai Alat Berhutang, Berikut Manfaat Kartu Kredit Yang Seringkali Tidak Disadari Para Konsumen

By on November 23, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 260 kali

Perencanaan Keuangan – Kartu kredit termasuk salah satu alat transaksi yang kini tidak dapat lepas dari kebiasaan orang yang semakin konsumtif. Hal tersebut tak lepas dari kegunaan kartu kredit yang secara kasarnya akan menyediakan hutang dalam jumlah tertentu untuk mencukupi kebutuhan para penggunanya. Namun pernahkah Anda menyadari jika selain sebagai alat berhutang, berikut manfaat kartu kredit yang seringkali tidak disadari oleh para pemiliknya?

Pencatatan transaksi keuangan

Ketika Anda tidak memiliki waktu yang cukup untuk mendatangi bank dalam rangka meminta laporan transaksi keuangan yang Anda lakukan menggunakan kartu kredit, kemudahan lain yang akan ditawarkan pihak bank adalah dengan menmberikan catatan keuangan yang dikirim melalui surat ke alamat rumah atau via email. Dengan demikian, Anda akan mampu mengontrol pengeluaran yang sudah dilakukan setiap bulannya. Contohnya Anda memiliki kartu kredit dari sebuah bank dengan limit 15 juta rupiah dengan tanggal jatuh tempo pembayaran setiap tanggal 5 di bulan berikutnya dan tanggal pencetakan tagihan adalah tanggal 15 setiap bulan. Maka transaksi yang Anda lakukan sebelum tanggal 15 itu akan tercetak seluruhnya dalam billing yang dikirim kepada Anda sesuai cara yang diinginkan.

Memberikan fasilitas kartu tambahan

Ketika Anda membuat kartu kredit dengan limit cukup besar, salah satu keuntungan lain yang dapat diperoleh adalah mendapatkan kartu kredit tambahan untuk anggota keluarga lain baik itu istri, suami, maupun anak. Kartu kredit tambahan tersebut juga dapat didesain sama dengan milik Anda jika Anda menginginkannya dengan besaran limit yang umumnya separuh dari limit Anda.

Kesempatan mendapat promo gerai tertentu

Pada saat Anda menjadi pemilik kartu kredit dengan besaran limit tertentu, Anda tentu pernah mendapatkan promo diskon atau promo lain yang berhubungan dengan transakasi pembelian. Setiap bulan, promo yang ditawarkan pada penyedia kartu kredit pun pastinya bermacam-macam, misalnya seperti mendapat potongan 50% untuk makan di restoran tertentu atau diskon belanja dari sebuah e-commerse online terkenal didalam negeri.

Perlindungan asuransi

Sebagai seorang pemilik kartu kredit, Anda tentu ingin transaksi yang dilakukan menggunakan kartu kredit berjalan aman dan lancar. Selain itu, Anda juga tentu ingin memberikan perlindungan baik pada diri sendiri maupun keluarga saat transaksi dilakukan. Oleh karena itu, salah satu kemudahan yang ditawarkan pada pemilik kartu kredit umumnya tidak jauh dari kepemilikan asuransi yang jenisnya disesuaikan dengan kebutuhan, seperti:
a.   Asuransi kesehatan
Asuransi yang satu ini termasuk asuransi yang umum ditawarkan pada pengguna kartu kredit, dimana pemiliknya akan mendapatkan kemudahan dalam pembayaran biaya rumah sakit untuk kegiatan operasi, gawat darurat, rawat inap, atau rawat jalan. Besaran asuransi jenis ini pun tidak akan memberatkan bagi pemilik kartu kredit karena disesuaikan dengan limit kartu yang sudah ditetapkan per bulan
b.   Asuransi perjalanan
Asuransi perjalanan yang diberikan sebagai fasilitas kartu kredit umumnya meliputi perlindungan jiwa dalam perjalanan hingga perlindungan saat transaksi yang dilakukan tidak didalam negeri. Asuransi jenis ini besaran iurannya akan disesuaikan dengan limit kartu kredit yang ada dengan sistem pendebetan nominal dalam kartu kredit yang masih ada. Asuransi ini akan memberikan keuntungan bagi Anda maupun ahli waris ketika saat menempuh perjalanan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti pencurian atau kecelakaan.

Dengan memahami hal-hal diatas, semoga Anda semakin memahami jika kepemilikan kartu kredit masih memiliki manfaat lain selain digunakan untuk belanja.