Sektor Properti Inggris Tetap Diminati

By on April 29, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 1,018 kali
99180619

Sektor Properti Inggris Tetap Diminati

Sektor properti di Inggris tetap menarik jika dilihat dari hasil survei Hometrack yang menunjukan kenaikan harga rumah. Harga rumah di wilayah England dan Wales naik 0,3%, tertinggi dalam tiga tahun terakhir sedangkan harga rumah di wilayah London meningkat 0,7%. 5 dari 10 wilayah yang disurvei Hometrack tunjukan kenaikan harga di bulan April. 4 wilayah tidak mengalami perubahan harga dan hanya satu wilayah yang mengalami penurunan harga.

Permintaan perumahan memang hanya naik 3,1% untuk bulan April; lebih lambat dari publikasi Maret yang meningkat 4,6%. Meski demikian, pertumbuhan supplai rumah masih lebih rendah dengan hanya catatkan kenaikan 2,8%. Ini tentunya menunjukan sektor perumahan Inggris masih tetap tangguh meskipun kondisi ekonomi Inggris diliputi ketidak-pastian. Investor asing -terutama Timur Tengah dan zona euro- sepertinya melihat sektor properti Inggris sebagai tempat investasi yang layak di tengah berlarutnya masalah utang zona-euro.

Sementara itu, sterling menguat di sesi Asia. GBP/USD kini diperdagangkan 1.5514; menjauhi level rendah harian 1.5475 (fr)