Sejarah Emas Sebagai Alat Pembayaran

By on March 20, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 3,626 kali

Sejarah Emas Sebagai Alat PembayaranInvestasi EmasMenghidupkan Emas Menjadi  Uang

Emas adalah salah satu elemen yang paling dinamis dari ekonomi modern dan beberapa orang mungkin merasa lucu bahwa bentuk tertua dari nilai komoditas fisik masih berkembang hingga saat ini. Koin-koin emas pertama yang diproduksi pada 700 SM dan sejak itu logam mulia telah digunakan sebagai elemen pertukaran utama. Fakta bahwa emas langka dan sangat dihargai membuat pertukaran menjadi cara yang sempurna, terlepas dari apa item yang dipertukarkan. Sejarah mengubah emas menjadi uang terbentang dalam suatu periode 2600 tahun dan titik balik dalam sejarah emas adalah tahun 1971.

Bagaimana Emas Menjadi Kertas?

Sepanjang sejarah, koin emas dan perak berkembang melalui proses debauching. Koin tersebut mulai dibuat dari emas dan logam lainnya, sehingga membuat nilai-nilai mata uang yang sebenarnya berfluktuasi sepanjang waktu. Proses mengubah emas fisik menjadi uang dimulai ketika tukang emas, yang digunakan untuk menyimpan emas bagi anggota masyarakat lainnya untuk biaya, mulai mengeluarkan tanda terima untuk penyimpanannya. Ide penerimaan menyebar dengan cepat seperti itu lebih mudah daripada membawa logam yang sebenarnya bersama mereka. Orang-orang mulai terbiasa dengan ide uang kertas. Tukang emas secara bertahap berubah menjadi bankir dan proses evolusi mata uang terus berkembang.

Mengapa Jendela Emas Tutup?

15 Agustus 1971 adalah hari ketika “jendela Emas” ditutup oleh Presiden Amerika Richard Nixon. Sejak saat itu, uang kertas tidak bisa lagi diubah menjadi emas, fakta yang mengambil logam mulia dari pertukaran mata uang. Dalam rangka untuk memahami mengapa situasi dengan emas dalam perekonomian mencapai titik ini, mari kita melakukan perjalanan kembali pada waktunya untuk saat ketika bankir melihat kesempatan mengganti logam dengan uang kertas. Karena mereka memiliki kekuatan mengeluarkan kwitansi untuk emas, bankir berpikir memproduksi penerimaan yang lebih dari jumlah emas yang mereka pegang. Tapi, seperti yang Anda harapkan, praktek ini juga menjadi populer dan bankir segera memulai pinjaman penerimaan tersebut kepada pemerintah awal dan penguasa dari zaman tersebut.

Kisah Dan Peraturan Baru Mengenai Penggunaan Emas

Inggris adalah negara di mana bankir menciptakan bank sentral pertama. Tujuan utama dari bank seperti itu adalah untuk meminjamkan uang kepada raja, tetapi juga menjabat sebagai perlindungan bagi bankir mereka yang mengeluarkan uang lebih dari yang mereka dapat menebus untuk emas. Namun, menjadi jelas bahwa praktek ini memiliki dampak negatif pada perekonomian negara. Hal ini menyebabkan penampakan dari “Bank Act Peel”, yang menyatakan bahwa bank tidak diperbolehkan untuk menerbitkan uang kertas lebih dari cadangan emas yang mereka benar-benar memiliki. Dengan demikian, pentingnya emas sebagai faktor penentu dalam ekonomi global tetap tinggi sepanjang segala sejarah keuangan modern yang pernah ada di dunia.

Apa yang Anda Ketahui Tentang Emas Modern?

Sebuah evolusi menarik dari harga emas mulai tahun 1934, ketika emas dengan harga $ 20. Dalam periode ini sampai tahun 1971 harga emas tetap sekitar $ 35. Namun, dengan perubahan yang terjadi dalam ekonomi global, harga emas mencapai $ 300 dan harga tersebut  tetap di atas atau sangat dekat dengan ambang ini. Berbagai faktor di dunia geopolitik memiliki pengaruh masing-masing  pada evolusi harga emas modern.

Dapatkah Emas Dikendalikan?

Apakah Anda pernah berpikir tentang emas ketika Anda akan bekerja atau saat berbelanja? Meskipun masyarakat modern kita memandang emas lebih sebagai item fashion, negara masih mengandalkan kekuatan logam mulia untuk menjaga keseimbangan ekonomi mereka. Kita mungkin tidak melihat emas di toko-toko, saat membayar pajak kita, atau saat mengambil kredit dari bank, meskipun demikian emas  merupakan elemen mendalam yang terlibat dalam semua tindakan ini. Hal ini adil untuk mengatakan bahwa, sepanjang sejarah manusia, kita sering yang dikendalikan oleh logam mulia ini, dan bukan sebaliknya, karena kebanyakan orang percaya hal tersebut.
Namun jika memang harga emas tidak dapat dikendalikan, trader-trader online dewasa ini tidak terlalu sungguh-sungguh mengkhawatirkan apa yang akan terjadi bahwa dengan membenarkan fungsi emas sebagai uang, emas benar-benar dapat hadir sebagai sarana mencari nafkah, sumber penghasilan harian utamanya bagi para daytrader emas. Mereka sungguh-sungguh tidak peduli selain bahwa emas masih dapat diandalkan sebagai sumber matapencaharian yang menjanjikan. Inilah dampak emas modern yang melibatkan teknologi yang boleh jadi membuat emas menjadi semakin sulit dikendalikan.

Incoming search terms: