Saham yang Menguntungkan, Apa Saja?

By on February 16, 2017 | Artikel ini Sudah di baca 653 kali

Investasi Saham – Yang namanya berinvestasi, setiap orang pasti ingin untung. Tidak terkecuali untuk investasi saham. Investasi saham sendiri terbagi menjadi beberapa kategori lagi dan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itu, saham yang menguntungkan bagi Anda bisa saja berbeda-beda. Beda karakter orang maka berbeda pula hasil dari sebuah investasi saham. Maka dari itu, kita bisa melihat berbagai karakteristik setiap jenis saham untuk memperoleh jenis saham yang menguntungkan bagi kita masing-masing. Apa saja?

Saham yang Menguntungkan Berdasarkan Kapitalisasi

Berdasarkan kapitalisasi pasar atau harga saham yang dikalikan dengan saham yang sudah beredar di pasar dibagi menjadi beberapa jenis saham berikut:

1. Saham Unggulan

Saham unggulan atau dikenal dengan istilah blue chip merupakan saham dengan kapitalisasi pasar lebih dari 40 triliun rupiah. Saham ini berasal dari perusahaan besar dan memiliki kinerja yang sangat bagus. Saham ini termasuk kuat namun tentunya kita harus menyiapkan budget besar juga.

2. Saham Lapis Kedua

Saham lapis dua merupakan saham yang berasal dari perusahaan yang lebih kecil daripada saham unggulan. Kapitalisasi pasarnya adalah antara 1 triliun rupiah hingga 40 triliun.

3. Saham Lapis Ketiga

Saham lapis ketiga merupakan saham dengan kapitalisasi pasar paling kecil yakni di bawah 1 triliun rupiah.

Saham yang Menguntungkan Berdasarkan Likuiditas

Sementara itu, berdasarkan likuiditas, sebuah saham yang menguntungkan adalah yang mudah untuk jual-beli. Nah, Anda yang melihat dasar ini sebaiknya melihat beberapa jenis saham berdasarkan likuiditasnya:

1. Saham Musiman

Saham musiman merupakan saham yang aktif bergerak jika terjadi peristiwa tertentu. Beberapa peristiwa yang memengaruhi tersebut antara lain adalah peristiwa ekonomi, politik, liburan sekolah dan hari raya.

2. Saham Tidur

Saham tidur adalah saham dengan tingkat likuiditas yang sangat rendah. Saham hanyab bergerak ketika ada aksi korporasi, namun sekali ada pergerakan bisa terjadi sangat drastis.

3. Saham Likuditas Tinggi

Saham dengan likuiditas tinggi adalah yang paling mudah untuk dibeli dan dijual. Saham-saham ini biasanya memiliki kapitalisasi besar dan fundemental bagus. Meski memang perlu dicatat bahwa saham dengan fundamental bagus belum tentu punya likuiditas tinggi.

Jadi, dari berbagai jenis kategori saham ini Anda bisa memilih jenis saham yang menguntungkan bagi Anda. Pilihlah yang sesuai dengan karakter Anda sehingga lebih mudah mengelolanya. Ketika memilih saham sebaiknya ingat prinsip berikut: “Beli apa yang Anda pahami, pahami apa yang Anda beli”. Hal ini membantu Anda untuk benar-benar mengenali perusahaan yang Anda ingin beli sahamnya. Dengan begitu, Anda bisa memprediksi ke depannya apakah memang saham yang menguntungkan untuk diperjualbelikan. Sangat disarankan agar Anda juga selalu update mengenai berita terbaru, oleh karenanya tidak salah untuk berlangganan banyak koran. Ya, untuk mendapatkan saham yang menguntungkan – tak lepas dari kendali diri sendiri, bukan orang lain yang menentukan.