Saham Syariah? Benarkah ada?

By on February 22, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 237 kali

Investasi Saham – Tidak banyak orang yang memperhitungkan Lebih untung mana investasi pada saham konvensional atau syariah. Beberapa orang bahkan lebih memperhitungkah apakah investasi saham yang akan dilakukan sudah sesuai dengan hukum yang mereka anut atau belum. Terlebih bagi para muslim, mereka akan lebih tertarik terhadap segala sesuatu yang sesuai dengan tuntunan agamanya.

Pengertian saham syariah

Jika Anda salah satu orang yang bertanya apakah investasi saham syariah benar adanya, maka jawabannya adalah iya. Sebagaimana sistem bank yang sudah kita tahu ada yang sudah mengunakan sistem syariah, maka disini saham pun juga mulai di pasarkan secara syariah. Sistem saham yang di edarkan secara syariah ini sudah menganut sistem muamallah ataus sistem jual beli yang ada pada tuntunan agama islam.

Berkaitan dengan hal ini, tentu investasi saham yang ditawarkan dengan cara syariah ini akan lebih diminati dibanding saham konvensional. Terlebih bagi para muslim, mereka akan lebih menyukai saham dengan konsep syariah dibanding saham dengan konsep konvensional atau biasa. mereka lebih menyukai saham syariah tanpa harus memperhitungkan mengenai Lebih untung mana investasi pada saham konvensional atau syariah.

Ciri-ciri investasi saham syariah

Kehadiran investasi saham syariah ini memang benar adanya. Bahkan kehadiran saham syariah sudah benar-benar dijamin oleh pengelola saham itu sendiri. perusahan terbesar pengolahan saham juga sudah memastikan bahwa investasi saham yang dilakukan benar-benar sesuai syariah dan tanpa ada unsur perjudian didalamnya.

Investasi saham yang dilakukan hanya sebatas jual beli saja. jika diibaratkan sebagai barang, maka investasi saham ini hanya sebatas menjual dan membeli barang saja, saat harga barang tinggi maka dijual dan saat harga barang murah maka dibeli. Begitulah prinsip dari investasi saham syariah.

Namun untuk lebih mengenali apakah sistem investasi saham ini sudah syariah atau belum, maka jauh lebih baik Anda mengenali beberapa ciri investasi saham syariah berikut:

1. Eitem perusahan tidak bertentangan dengan ajaran islam
Investasi saham secara syariah sejatinya tidak jauh berbeda dengan investasi saham secara konvensional. Jika ditanya Lebih untung mana investasi pada saham konvensional atau syariah, maka jawabannya bisa sama. Hanya saja memang untuk eitem perusahan pada investasi syariah akan lebih dipilih-pilih dibanding dengan eitem pada investasi konvensional. Contohnya, eitem perusahan yang tidak akan dipilih oleh investasi saham syariah adalah eitem perusahan seperti rokok, minuman keras dan lain sebagainya. menurut ajaran islam sendiri alkohol merupakan khamer atau minuman keras yang dapat memabukkan. Sedangkan rokok sendiri juga menjadi sesuatu yang masih diragukan kehalalannya. Dan investasi saham syariah ini tidak akan melakukan penanaman saham di perusahan-perusahan seperti itu.

2. Mengunakan sistem bagi hasil
Jika Anda sudah cukup akrab dengan sistem bank syariah, maka investasi saham syariah ini juga tidak jauh berbeda. Investasi saham syariah ini dilakukan dengan sistem bagi hasil, dan bebas riba. Sistem bagi hasil yang diterapkan oleh investasi saham syariah akan membagi hasil sesuai dengan keadaan perusahan. Jika perusahan mendapat keuntungan, maka investor juga akan mendapat untuk, dan sebalinya jika perusahan mendapat kerugian maka investor juga akan kena rugi.

3. Terdapat musyawarah
Dalam permainan saham syariah, selalu akan diadakan musyawarah antara penjual dan pembeli saham. Musyawarah ini berkaitan dengan untung rugi, dan juga resiko yang akan dilakukan. dengan demikian, maka investasi saham yang akan dijalankan tidak ada yang ditutup-tutupi.

Terlepas dari Lebih untung mana investasi pada saham konvensional atau syariah, memilih investasi saham syariah jauh lebih menenangkan.