Saat Mudik Lebaran Lindungi Resiko Finansial Berikut Ini

By on July 10, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 315 kali

Asuransi – Jelang Lebaran beberapa orang sudah menyiapkan rencana untuk pulang kampung, atau berlibur bersama keluarga keluar kota. Bujet pun disiapkan, mulai dari biaya transportasi, oleh-oleh, dan jalan-jalan ke tempat wisata bersama keluarga.

Sayangnya, dalam perencanaan bujet tersebut ada biaya yang seringkali dilupakan, yaitu membeli perlindungan, atau asuransi yang bisa memberikan perlindungan khusus untuk kegiatan mudik Anda.

Alasannya, membeli asuransi untuk perlindungan di saat mudik Lebaran, seringkali dianggap sebagai tambahan pengeluaran.

Padahal, dengan perlindungan yang dimiliki, Anda akan mendapatkan manfaat perlindungan finansial atas risiko yang bisa terjadi, saat melakukan perjalanan mudik Lebaran. Apa saja perlindungan yang wajib Anda miliki di saat mudik?

1. Rumah yang ditinggal

Saat mudik, Anda akan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Terkadang, titip pesan ke tetangga, atau pihak keamanan saja tidak cukup. Sebab, dalam banyak pemberitaan disebutkan bahwa pencurian kerap terjadi saat sebuah rumah ditinggalkan pemiliknya untuk mudik, atau libur Lebaran.

Memang, Anda mungkin tidak bisa mencegah terjadinya pencurian, tetapi kerugian akibat tindak kejahatan tersebut bisa Anda hindari. Asalkan, Anda memiliki asuransi rumah sebelum pergi mudik.

Asuransi ini memiliki perlindungan terhadap banjir, gempa bumi, tsunami, pencurian, kebakaran, dan ledakan. Dari sekian banyak pilihan, Anda pun wajib membandingkan dan tahu cara memilih asuransi rumah terbaik.

2. Kendaraan yang dipakai mudik

Bila menggunakan kendaraan pribadi untuk mudik, atau pergi libur Lebaran, tak hanya kondisi kendaraan dan kewaspadaan yang penting. Perlindungan untuk kendaraan yang Anda miliki juga diperlukan, karena Anda tak pernah tahu yang akan terjadi nanti.

Mungkin saja Anda sudah berkendara dengan hati-hati, tetapi bisa saja pengemudi lain terburu-buru, menabrak kendaraan Anda hingga rusak hingga mengganggu kenyamanan mudik Anda. Di sinilah Anda membutuhkan asuransi kendaraan. Sebab, dengan asuransi ini segala risiko finansial yang terjadi pada kendaraan Anda bisa mendapatkan perlindungan.

3. Kondisi mendadak gangguan perjalanan

Angkutan umum banyak menjadi pilihan dalam bertransportasi saat mudik. Mulai dari angkutan darat, laut, ataupun udara. Dalam perjalanan tersebut, terkadang ada beberapa kondisi mendadak yang akhirnya menganggu perjalanan yang Anda lakukan.

Salah satunya adalah tertundanya penerbangan hingga berjam-jam, atau pihak transportasi membatalkan perjalanan secara sepihak, barang bagasi hilang, atau rusak selama perjalanan, hingga kecelakaan transportasi, sehingga Anda harus dirawat di rumah sakit.

Ada berbagai alasan Anda harus miliki asuransi perjalanan. Kerugian akibat risiko-risiko tadi bisa Anda hindari dengan asuransi perjalanan yang memiliki jaminan lengkap dengan premi relatif murah karena durasi polis yang singkat sesuai periode perjalanan Anda. Nah, dengan manfaat yang banyak dalam asuransi, masih berpikir dua kali untuk pakai perlindungan saat mudik?

4. Kecelakaan saat perjalanan

Memang, setiap orang tidak mau mengharapkan risiko ini terjadi. Namun, faktanya setiap periode mudik selalu terjadi kecelakaan yang mengakibatkan korban meninggal, cacat tetap, atau luka-luka. Dari data yang ada, bahkan angka kejadian atas risiko ini sangat besar.

Sebagai antisipasi dan perlindungan, bila sebelum mudik Anda memiliki asuransi kecelakaan diri, Anda bisa mendapatkan berbagai benefit atas risiko ini.

Misalnya, santunan kematian/meninggal dunia akibat kecelakaan, santunan jika nasabah mengalami cacat tetap, dan santunan biaya pengobatan jika ada tindakan medis untuk mengobati luka akibat kecelakaan.

 

Sumber: cekaja.com