Ruko, Bentuk Lain Dari Investasi Properti

By on June 10, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 334 kali

Investasi Properti – Ruko merupakan alternative pilihan kategori investasi properti dengan prspektif tinggi. Saat ini, permintaan akan ruko semakin tinggi dari para pelaku bisnis. Sehingga ruko adalah pilihan yang bagus baik itu untuk dijadikan tempat untuk memulai bisnis sendiri ataupun dijadikan untuk lahan investasi properti. Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari ruko jika dijadikan untuk investai diantaranya adalah:

  • Pertama, permintaan akan kebutuhan ruko semakin tinggi. Saat ini memang banyak sekali pelaku bisnis yang memulai usahanya dan pilihan ruko sebagi tempat usaha merupakan pilihan yang bagus karena ruko biasanya terletak dikawasan yang strategis untuk usaha dan banyak dijumpai di pinggir jalan utama maupun bukan jalan utama yang sering diakses oleh kendaraan.
  • Kedua, jangka waktu sewa ruko terbilang lebih lama. Hal ini disebabkan para pelaku bisnis melakukan sewa ruko paling sebentar dalam jangka waktu sekitar 2 sampai 3 tahun. Tentu saja demkian karena ini akan berakibat pada modal yang dikeluarkan. Biasanya, menyewa ruko dalam jangka waktu lama akan lebih efisien bagi bisnis. Bahkan, jika pelaku bisnis merasa puas, sewa pun bisa diperpanjang lebih lama.
  • Ketiga, kesempatan return of investment yang lebih cepat. Tarif sewa ruko yang sekitar 6-9% dari harga jual ruko memberikan kesempatan untuk mengembalikan modal pembelian lebih cepat jika dibandingkan dengan rumah.

Meskipun demikian, bukan berarti anda akan sukses besar bila memilih ruko sebagai kategori investasi properti. Karena itu, akan lebih bijak bila mempertimbangkan hal-hal berikut saat hendak membeli ruko.

Memilih Lokasi Yang Tepat Dan Strategis

Ini adalah hal yang mutlak bahwa hal mendasar yang harus diperhatikan saat memilih investasi properti adalah lokasi. Ini juga berlaku untuk ruko. Namun demikian, pemilihan lokasi ruko bisa dibedakan menjadi beberapa kategori sebagai berikut:

  • Ruko baris pertama untuk bisnis dan kantor cabang Bank dan ATM. Baris pertama berarti ruko tersebut terletak di pinggir jalan pada jalan utama. Lokasi ini biasanya cocok untuk melakukan bisnis seperti kafe, dan lainnya seperti mini market dan sebagainya. Selain itu, lokasi ini juga biasanya digunakan untuk pembangunan ATM dan juga kantor cabang suatu Bank.
  • Ruko baris kedua yang diperuntukan untuk lokasi perkantoran yang tidak memerlukan akses ke jalan utama secara langsung dan hanya perlu dijalan biasa yang tetap mudah diakses dari jalan utama.
  • Selain itu, lokasi ruko jenis ketiga merupakan pilihan bagi ruko didaerah perumahan yang mencukupi kebutuhan perumahan.

Jadi, tentukan terlebih dahulu tujuan dari ruko tersebut sebelum membeli atau membangun ruko. Namun pada intinya yang terpenting untuk investasi ruko ialah berada pada lokasi yang strategis yang mudah diakses oleh semua orang.

Mencari Tahu Banyak Pilihan

Jangan mudah terpengaruhi dengan kata “dijual ruko”. Sebaiknya anda cari tahu dulu beberapa iklan mengenai penjualan ruko lalu tinjau lokasi setiap ruko, keadaan ruko, dan keadaan dilingkungan ruko tersebut. Jika sudah melakukan peninjauan beberapa ruko, maka anda akan mendapatkan pilihan yang terbaik. Karena itu, jangan langsung menjatuhkan pilihan langsung tanpa mempertimbangkan pilihan lainnya.

Jika anda melakukan cicilan saat membeli ruko, maka anda juga harus mempertimbangkan harga sewa dan harga cicilan yang harus dibayar. Bagaimanapun juga, jangan takut untuk memulai berinvestasi dalam kategori investai properti karena yang paling penting ialah anda selalu bertanya kepada yang ahli dan juga melakukan riset serta mengikuti perkembangan pasar.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty