Risiko dan Manfaat Investasi Reksadana

By on February 6, 2017 | Artikel ini Sudah di baca 465 kali

Investasi Reksadana, Anda mungkin akhir-akhir ini sering mendengar kata ini. Namun apakah Anda tau jelas apa itu Reksadana. Dewasanya, Reksadana adalah sebuah instrumen investasi. Masyarakat, siapapun itu dapat menginvestasikan uangnya ke Reksadana. Investasi saat ini bagaikan hal yang sangat-sangat diperlukan, karena tabungan saja tidak dapat melawan laju inflasi yang semakin melonjak. Setiap orang memiliki tujuan keuangannya masing-masing, misalnya saja untuk dana naik haji, dana pendidikan, dana pensiun, dan juga kebutuhan yang lainnya.

Dengan Reksadana, Anda bisa saja mewujudkan itu semua. Manfaat investasi Reksadana mulai bisa Anda rasakan sejak awal mencoba investasi ini. Produk ini cenderung fleksibel dan relatif aman. Bahkan dengan dana yang relatif kecil pun, Anda sudah bisa memulai berinvestasi di Reksadana. Perlu diketahui jika dana yang dibutuhkan hanya sebesar Rp. 100 ribu saja. Dikatakan fleksibel karena Reksadana dapat dibeli atau dijual kapanpun. Bahkan pencairan dananya hanya membutuhkan waktu yang pendek, sekitar 3 hari. Reksadana bisa dibeli langsung di perusahaan Manajer Investasi atau di Bank yang berperan sebagai agen penjual.

Jenis-jenis Reksadana pun beragam, sehingga bisa di sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Pilihan produk Reksadana yang umum di Indonesia antara lain, Reksadana Pasar Uang, Reksadana Pendapatan Tetap, Reksadana Saham, dan Reksadana Campuran. Pilihlah jenis Reksadana yang sesuai dengan rencana investasi dan profil resiko Anda. Misalnya saja, Anda membutuhkan investasi jangka pendek beresiko rendah. Maka jawabannya adalah Reksadana Pasar Uang. Berbeda lagi jika Anda memiliki toleransi resiko yang tinggi dan ingin mendapatkan keuntungan besar dalam jangka waktu yang lama. Maka pilihan yang tepat adalah Reksadana Saham atau Reksadana Campuran.

Belum lagi berbagai Manajer Investasi yang mengelola dana Anda dengan profesional. Manajer Investasi ini dipilih sesuai dengan kemampuan dan pengalaman yang dimilikinya. Ini baru sebagian poin dan manfaat investasi Reksadana. Ketransparansi-an proses berinvestasi di Reksadana pun dijamin akan membuat Anda merasa betah. Ini terjadi ketika Manajer Investasi melaporkan hasil dari investasi Anda tiap minggu atau tiap bulannya.

Sayangnya dibalik banyaknya manfaat investasi Reksadana, ada pula resiko di dalamnya. Namun tenang saja, Resikonya tidak begitu besar kok. Beberapa resiko yang sering Anda temui ketika berinvestasi Reksadana antara lain, Resiko Kredit, Resiko Berkurangnya Jumlah Unit Penyertaan, serta Resiko Liquiditas. Meskipun sedikit, namun resiko-resiko ini juga perlu diperhatikan.

Mengenal resiko dan manfaat investasi Reksadana merupakan wawasan dasar untuk Anda, para investor pemula. Dengan ini, Anda bisa semakin terpacu namun tetap hati-hati dalam berinvestasi di Reksadana. Mulai dengan modal kecil dan produk yang memiliki resiko yang kecil pula. Semakin Anda mahir, maka profil resiko Anda akan semakin meningkat pula. Selamat berinvestasi di Reksadana!

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty