Resiko Perjalanan yang Dapat Ditanggung Perusahaan Asuransi, Wajib Dimiliki!!

By on January 22, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 2,552 kali

Resiko Perjalanan yang Dapat Ditanggung Perusahaan Asuransi, Wajib Dimiliki!!Asuransi – Tentunya Anda masih mengingat kecelakaan pesawat air asia QZ8501 yang pada akhir tahun 2014 kemarin terjadi dan membuat duka bagi rakyat Indonesia. Itu merupakan salah satu contoh kecelakaan yang mengintai dalam perjalanan Anda. Walaupun kita tentunya tidak ingin hal tersebut terjadi menimpa Anda, karena resiko dalam perjalanan memang tidak bisa ditebak, Namun tidak ada salahnya untuk sedia payung sebelum hujan, yaitu melindungi perjalanan Anda dengan asuransi perjalanan saat Anda akan berpergian dengan baik lewat darat, laut dan udara.

Itulah apa yang membedakan asuransi perjalanan dengan asuransi kesehatan dan asuransi jiwa yang mungkin sudah Anda miliki. Yaitu memiliki perlindungan khusus yang terkait perjalanan.

Berikut adalah beberapa risiko atau kondisi perjalanan yang bisa terjadi pada Anda, dan dijamin perlindungannya oleh asuransi perjalanan.

Rencana penerbangan Anda ditunda atau dibatalkan

Sedang terburu waktu, ternyata pesawat ditunda penerbangannya, bahkan sampai dibatalkan. Ya, itu memang mengesalkan. Bukan saja kerugian waktu yang ditimbulkan, tapi juga kerugian material.

Kabar baiknya, asuransi perjalanan memberikan pertanggungan untuk risiko ini. Perlindungan akan diberikan apabila Anda mengalami penundaan penerbangan dengan minimal masa tunggu keterlambatan. Masing-masing perusahaan asuransi memiliki batas waktu yang berbeda. Ada yang menggunakan masa tunggu 6 jam, ada pula yang 12 jam.

Keterlambatan yang ditanggung bisa dikarenakan risiko akibat aksi pemogokan, cuaca buruk, kerusakan mekanis atau cacat struktural, penutupan bandara atau stasiun yang disebabkan oleh suatu kejadian di luar kendali Anda.

Bagasi hilang, rusak, atau telat

Perjalanan pasti tidak nyaman bila bagasi atau barang bawaan ternyata hilang atau rusak. Namun, kerugian yang ditimbulkan akibat kehilangan dan kerusakan bagasi tersebut bisa mendapatkan perlindungan dan mendapatkan penggantian oleh asuransi perjalanan.

Bahkan, termasuk barang-barang yang ada di dalamnya maupun barang yang Anda pakai selama perjalanan. Beberapa produk asuransi malah memberi ganti rugi jika ada keterlambatan penungguan bagasi lebih dari 12 jam.

Dokumen perjalanan Anda hilang

Paspor Anda hilang saat melakukan perjalanan ke luar negeri. Ya, risiko ini mungkin pernah dialami Anda saat melakukan perjalanan. Banyak kerugian yang bisa ditimbulkan, mulai dari harus memperpanjang waktu perjalanan untuk pengurusan dokumen, hingga penggantian tiket pesawat.

Tapi, lagi-lagi Anda tidak perlu khawatir bila memiliki asuransi perjalanan. Asuransi perjalanan akan membayar Anda untuk biaya menerbitkan kembali paspor, tiket dan dokumen perjalanan yang hilang. Penyebab hilangnya dokumen yang ditanggung seperti hilang akibat pencurian dengan kekerasan, perampokan, pencurian biasa atau bencana alam (angin topan, gempa bumi dan lain-lain).

Layanan darurat 24 jam saat Anda sakit atau kecelakaan

Setiap orang memang tidak mau mengalami risiko sakit atau mengalami kecelakaan saat melakukan perjalanan. Namun, lagi-lagi risiko tidak bisa ditebak.

Apalagi perjalanan yang Anda lakukan adalah perjalanan ke luar negeri. Perasaan khawatir pasti timbul karena sadar dan tahu, tidak sedikit biaya yang akan dikeluarkan untuk rumah sakit.

Jangan khawatir, karena asuransi perjalanan juga menawarkan perlindungan manfaat pengobatan darurat ini. Bahkan, beberapa asuransi perjalanan menawarkan evakuasi medis atau bantuan 24 jam keadaan darurat di seluruh dunia. Manfaat yang diberikan seperti penggantian biaya kesehatan atau kecelakaan termasuk juga biaya untuk evakuasi.

Evakuasi medis hingga pemulangan jenazah

Tidak hanya penanganan saat proses perawatan medis yang akan ditanggung. Sebab, beberapa asuransi perjalanan juga memberikan cakupan perlindungan pemulangan seorang tertanggung ke negara asal atau tempat tinggal setelah perawatan.

Bila meninggal dunia, perlindungannya juga memberikan pertanggungan untuk pemulangan jenazah. Namun, untuk risiko pemulangan jenazah biasanya akan ditawarkan penawaran seperti biaya pemulangan jenazah, biaya kremasi atau penguburan di lokasi tempat kematian terjadi.

Cukup banyak bukan manfaat dari asuransi perjalanan? Selanjutnya, pastikan saat membeli paket perjalanan, biro perjalanan Anda telah menjalin kerja sama dengan perusahaan asuransi perjalanan.

 

 

Sumber: viva.co.id