Resiko Investasi Emas Berjangka ini Jangan Diabaikan

By on June 29, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 289 kali

Investasi Emas – Resiko investasi emas berjangka memiliki dampak yang cukup signifikan apabila tidak Anda antisipasi sebelumnya. Jual beli emas cukup populer di Indonesia dan dianggap sebagai salah satu bentuk investasi yang relatif lebih aman dan modalnya pun lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis investasi lain. Selain investasi emas batangan, pemerintah Indonesia membuka sebuah lembaga perdagangan emas di mana para investor bisa beirnvestasi emas dalam bentuk lain yaitu dengan kontrak. Investor nantinya akan membeli emas dengan cara mencicil dan hanya memiliki kontrak kepemilikan saja sedangkan emas fisiknya tidak diberikan. Dalam investasi emas berjangka yang diperdagangkan adalah kontraknya, bukan emas fisiknya. Di samping memiliki banyak kelebihan, resiko investasi emas berjangkaberikut penting untuk diketahui.

Resiko ketika berinvestasi kontrak emas

Dengan mengetahui resiko investasi emas berjangka Anda bisa tahu hal apa saja yang harus dilakukan untuk mengantisipasi resiko tersebut. Bisa juga dijadikan pertimbangan apakah investasi berjangka panjang memang cocok dengan Anda. Resiko investasi ini terbagi menjadi tiga macam, yaitu resiko transaksi, resiko infastruktur, dan terakhir adalah resiko keamanan. Berikut adalah penjelasannya.

Resiko Transaksi

Resiko investasi emas berjangka yang pertama adalah resiko transaksi yang artinya nilai kontrak emas mengalami penurunan karena fluktuasi di dalam perdagangan atau trading. Ketika Anda memutuskan untuk membeli kontrak emas ternyata harga emas justru mengalami penurunan yang disebabkan oleh sentimen-sentimen pasar emas misalnya seperti dollar AS yang melemah. Nilai emas yang turun memang hal yang wajar dan bisa sangat mungkin untuk naik kembali. Namun apabila harga terus turun dan sudah sampai batas investasi Anda maka sebaiknya Anda keluar dari pasar kontrak emas.

Resiko Infrastruktur

Resiko investasi emas berjangka adalah resiko infrasrtuktur yang berkaitan dengan jaringan koneksi internet. Perdagangan kontrak emas dilakukan secara online dengan melihat secara real time grafik pergerakan harga kontrak emas di pasaran. Oleh karena itu diperlukan koneksi internet yang memadai dan  juga PC atau laptop dengan spesifikasi yang memadai agar proses trading bisa dilakukan dengan sigap dan lancar. Jika koneksi internet yang Anda gunakan masih tersendat maka resikonya adalah Anda tidak bisa keluar masuk pasar dengan timing yang tepat.

Resiko Keamanan

Secara teori, investasi emas berjangka bukan termasuk investasi yang tinggi resikonya atau high risk investment. Hal ini karena investasi emas berjangka cukup dijamin keamanannya oleh berbagai lembaga bursa baik nasional maupun internasional dan juga oleh pemerintah Indonesia sendiri melalui Kementerian Perdagangan. Namun bagi yang masih pemula sebaiknya memulai mencoba investasi kontrak emas dengan jangka waktu singkat misalnya 3 bulan menyicil sudah bisa mendapatkan emas fisiknya. Hal ini untuk menghindari para pemain baru terjebak oleh euphoria investasi emas berjangka yang cukup tinggi likuditasnya dan melakukan transaksi dengan agresif.

Cara aman memulai investasi emas berjangka

Untuk menghindari resiko investasi emas berjangka dan meminimalisir potensi dampak kerusakannya, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan jika ingin memulai investasi jual beli kontrak emas. Yang pertama adalah melihat harga emas secara umum dengan mempertimbangkan faktor-faktor sentimen pasar misalnya fluktuasi dollar AS, fluktuasi perdagangan komoditas global, dan juga kondisi politik secara global yang bisa mempengaruhi denominasi emas. Jenis investasi yang cocok bagi seseorang juga dilihat dari kepribadiannya. Apabila Anda adalah orang yang tidak terlalu suka dengan resiko maka investasi emas berjangka mungkin kurang cocok untuk Anda lakukan. Itulah dia uraian mengenai resiko investasi emas berjangka.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty