Resiko dan Keuntungan Investasi Properti

By on August 19, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 342 kali

Investasi Properti – Resiko dan keuntungan investasi properti ini ada banyak macamnya. Anda bisa mendapatkan resiko yang berbanding lurus dengan keuntungan yang akan anda dapatkan. Semakin besar keuntungan yang anda dapatkan maka akan semakin besar juga resiko yang akan anda peroleh. Namun dalam investasi properti ini maka anda bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan tinggi dengan resiko yang kecil. Untuk anda yang ingin memulai investasi properti maka sebaiknya anda memahami terlebih dahulu mengenai resiko dan keuntungan yang mungkin akan anda peroleh dari menjalankan investasi properti ini. Berikut keuntungan yang anda peroleh dari investasi properti:

1. Anda akan mendapatkan potensi keuntungan yang lumayan besar, hal ini tergantung dari seberapa strategis lokasi properti tersebut. Anda bisa mendapatkan laba berkali-kali lipat jika anda melakukan investasi dalam bidang properti ini. Jika anda bisa mengelola investasi properti anda dengan baik maka anda akan mendapatkan potensi keuntungan yang lumayan besar dari yang bisa anda kira.
2. Keuntungan lainnya adalah investasi properti ini bisa menjangkau banyak pangsa pasar. Anda bisa menjangkau seluruh kalangan seperti kalangan menengah, atas bahkan kalangan bawah. Anda harus bisa membidik pangsa pasar yang tepat untuk memulai investasi properti.

Berikut resiko dari menjalankan investasi dalam bidang properti ini:

1. Resiko yang paling umum adalah mengenai regulasi atau peraturan pemerintah. Dalam menjalankan investasi properti dalam skala yang besar maka biasanya akan terhambat masalah perizinan bangunan dari pemerintah.
2. Resiko lainnya adalah masalah kredit dari bank, biasanya jika anda ingin memulai investasi ini dengan cara kredit bank maka akan terhambat masalah kredit ini. Anda sebaiknya mencari informasi lebih lanjut mengenai persyaratan yang harus anda penuhi untuk memulai investasi dalam bidang properti ini.
3. Investasi dalam bidang properti ini memerlukan perawatan secara rutin. Anda sebaiknya melakukan pengecekan dan perawatan secara rutin untuk properti yang anda sewakan atau beli agar bisa bertahan lama dan mempunyai harga jual yang semakin tinggi.

Kelebihan dari Berbagai Pilihan Investasi Properti

Berikut kelebihan atau keuntungan yang akan anda dapatkan dari berbagai pilihan atau instrumen investasi properti:

1. Investasi properti tanah biasanya mempunyai harga yang selalu naik setiap tahunnya sehingga membuat anda selalu mendapatkan profit, anda sebaiknya memilih investasi tanah di lokasi yang strategis.
2. Investasi properti rumah biasanya lebih mudah dijual daripada investasi lainnya karena kebutuhan masyarakat akan rumah tinggal semakin meningkat. Anda bisa bekerja sama dengan developer untuk memulai investasi properti ini. Anda bisa membuat perumahan yang sesuai dengan target pasar yang anda inginkan.
3. Anda bisa menyewakan investasi properti rumah sehingga anda bisa mendapatkan keuntungan secara rutin setiap bulan atau setiap tahunnya.

Kekurangan dari Berbagai Pilihan Investasi Properti

Berikut kekurangan dari berbagai pilihan investasi properti ini:

1. Investasi tanah biasanya sulit untuk dijual apalagi jika lokasinya tidak strategis. Anda bisa melakukan survey terlebih dahulu sebelum memilih investasi tanah ini. Tanah ini cukup sulit untuk dijual karena banyak orang lebih tertarik untuk membeli bangunan secara langsung daripada membeli tanah. Jika lokasi tanah ini strategis maka anda akan mudah untuk menjualnya kembali namun jika lokasinya tidak strategis maka akan susah untuk dijual kembali.
2. Investasi properti perumahan akan memerlukan perawatan untuk meningkatkan harganya jualnya. Jika anda menyewakan properti anda maka anda harus memastikan bahwa penyewa tersebut tetap menjaga properti anda tersebut sehingga ketika anda ingin menjualnya kembali harganya akan tetap tinggi.

Anda sebaiknya memahami resiko dan keuntungan investasi properti ini sebelum memulai menjalankan investasi ini.