Resep Sukses Investasi Emas

By on July 30, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 329 kali

Investasi emas menawarkan keuntungan yang sangat besar sehingga banyak masyarakat yang berbondong-bondong berbelanja emas batangan. Jumlahnya pun sering mengalami pertambahan yang sangat signifikan dari tahun ke tahun. Jika Anda belum pernah berinvestasi dalam bentuk emas, silakan mencobanya karena ini akan menjadi model penanaman modal yang lebih menguntungkan kalau dibandingkan dengan menabung dengan uang biasa. Nah, kalau Anda sudah memantapkan niat untuk menginvestasikan emas, jangan lakukan secara terburu-buru karena ada sejumlah detil yang wajib dipahami dan ditaati. Tujuannya supaya tidak salah memilih emas yang bisa berujung pada kerugian akibat praktik kecurangan atau penipuan.

Mengecek Harga Dasar Emas

Dari mana Anda bisa mengetahui harga dasar emas saat ini? Anda harus mengeceknya di PT Aneka Tambang (ANTAM). Mengapa harus mengeceknya di sana? Karena Anda butuh informasi yang lebih valid dan akurat, selain juga alasan rujukan yang punya otoritas dalam pencetakan emas. Juga, lebih disarankan untuk membeli emas batangan yang disediakan oleh PT ANTAM. Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), perusahaan ini telah mencetak berbagai jenis emas batangan, mulai dari harga dan volumenya.

Emas Batangan atau Perhiasan?

Boleh-boleh saja Anda hanya akan menyimpan emas batangan. Namun tidak ada salahnya juga jika ingin melakukan investasi dengan membeli sejumlah perhiasan emas. Nah, sangat direkomendasikan untuk membeli perhiasan emas dengan model yang lebih sederhana. Nantinya, jenis perhiasan tersebut akan lebih mudah untuk dijual dan tidak terlalu merepotkan saat disimpan atau dipakai.

Sertifikat Resmi

Emas batangan tak bisa dijual bebas jika tak ada sertifikat resminya. Anda tentu tak mau mengambil risiko dengan membeli emas batangan yang kurang bisa dipercaya karena tak punya sertifikat resmi. Sertifikat ini dikeluarkan langsung oleh PT ANTAM dan pastikan bahwa Anda juga memiliknya saat membeli emas batangan. Persoalan keterangan detil karat juga harus benar-benar dicermati seperti yang dicantumkan dalam sertifikat tersebut. Karat yang harus Anda miliki adalah 99.99 bukan 99.98. Cermatilah sebaik-baiknya supaya Anda tidak kecewa setelah membeli emas batangan tersebut. Anda juga harus mencocokkan nomor ID sertifikat yang tercantum dengan  nomor emas logam mulianya.

Lokasi Penjualan

Tidak setiap orang bisa membeli emas batangan di PT ANTAM akibat faktor domisili. Nah, jangan khawatir karena masih banyak toko emas yang menyediakan jenis batangan ini. Anda hanya perlu mencari produk emas batangan yang dirilis resmi oleh PT ANTAM. Misalnya saja di kawasan Kelapa Gading, Kramat Jati Indah, atau Cempaka Mas di Jakarta.

Volume Emas Batangan

Logikanya, kebanyakan orang pasti menginginkan harga jual emas batangan yang tinggi ketika akan membelinya. Namun lebih baik kalau Anda membeli emas batangan dengan volumen yang lebih bervariasi. Pilih saja beberapa emas batangan yang volumenya ringan, sedang, dan berat. Kelak, pilihan-pilihan tersebut akan sangat bermanfaat jika ada kebutuhan keuangan yang sangat mendesak sehingga Anda harus menjual salah satu atau beberapa emas batangan.

Tempat Menyimpan Emas Batangan

Di manakah Anda seharusnya menyimpan emas batangan? Anda mungkin merasa lebih nyaman untuk menyimpannya di rumah atau memanfaatkan deposit kotak keamanan. Namun investasi menggunakan emas batangan juga memiliki kelemahan yaitu saat Anda menyimpannya di pihak lain. Emas tersebut bisa saja dicairkan dalam bentuk uang tunai tanpa perlu adanya konfirmasi dari pemilik sebelumnya. Jadi, harap pertimbangkan sebaik-baiknya sebelum memulai investasi emas.