Reksadana Terproteksi Pilihan Investasi Aman Bagi Pemula

By on February 9, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 225 kali

Investasi Reksadana – Berbagai macam reksadana memiliki tujuan yang sama yakni untuk menyediakan peluang bagi masyarkat dalam memenuhi kebutuhan finansial untuk masa depan. Namun sayangnya beberapa informasi yang beredar belum dimengerti secara benar. Bahkan beberapa masyarakat tidak memanfaatkan informasi tersebut karena dianggap tidak benar atau menganggap reksadana masih diperuntukkan untuk kalangan tertentu saja yang memiliki kelebihan uang. Padahal reksadana hanya membutuhkan biaya yang relatif rendah, sehingga cocok digunakan bagi pemodal pemula.

Reksadana terproteksi, investasi yang aman untuk pemula. Investasi reksadana juga merupakan salah satu investasi murah yang dapat digunakan oleh siapa saja, tisak seperti produk deposito, emas dan sebagainya. Reksadana memang dirancang sebagai sarana bagi masyarakat yang memiliki modal kecil, menghimpun dana dari masyarakat yang memiliki modal, memiliki keinginan berinvestasi, akan tetapi hanya memiiki pengetahuan dan waktu yang terbatas.

Karakterisitik Reksadana Terproteksi, Investasi yang Aman untuk Pemula

Alasan banyak yang memilih reksadana terproteksi adalah karena reksadana terproteksi memiliki karakter yang serupa dengan deposito, yaitu :

  1. Memiliki masa jatuh tempo, dalam periode 3 tahun dengan bunga sebesar 10%
  2. Imbal atau keuntungan hasil investasi dibagikan secara berkala
    Saat jatuh tempo, nilai pokok investasi umumnya tetap utuh. Namun pada prakteknya reksa dana terproteksi tak menjamin nilai pokok investasi bakal tetap saat jatuh tempo.

Cara Kerja Reksadana Terproteksi, Investasi yang Aman untuk Pemula

Menurut OJK (Otoritas Jasa Keuangan), reksadana terproteksi merupakan reksadana dengan sistem proteksi 100% pada nilai pokok investasi, saat jatuh tempo dengan menggunakan jangka waktu tertentu yang telah ditentukan. Produk reksadana terproteksi mirip dengan deposito, perbedaanya ada pada pihak yang menentukkan jangka waktu jatuh temponya. Reksadana ditentukan oleh manajer investasi sedangkan deposito ditentukan oleh pihak bank. Pada posisi tersebut pihak bank dapat juga menjadi agen penjual reksadana, jika pihak bank sebagai penjual reksadana maka bank hanya berfungsi sebagai penyampai kebijakan perusahaan manajer investasi kepada para nasabahnya. Sehingga jika Anda menggunakan reksadana di bank, maka informasi jangka waktu tersebut akan disampaikan oleh pihak bank yang menjadi perantara investasi tersebut.

Manajer investasi tidak akan merasa rugi dengan melindungi seluruh nilai pokok investasi, karena manajer investasi melakukan investasinya dengan cara melakukan investasi tersebut secara pasif. Investasi secara pasif yaitu dengan membeli obligasi serta menahannya hingga jatuh tempo. Sehingga hal tersebut berarti nilai pokok investasi memang akan kembali 100% saat waktu jatuh tempo. Namun dengan syarat, pihak obligor atau yang terutang harus melunasi utang obligasi tersebut terlebih dahulu.

Sehingga reksadana terproteksi memang berusaha memproteksi nilai pokok investasi. Meskipun tetap saja ada risiko kerugian dalam reksadana terproteksi. Terdapat 3 hal yang bisa mendatangkan kerugian pada reksadana terproteksi, yaitu sebagai berikut :

  1. Harga obligasi jatuh karena obligor gagal melunasi hutang obligasi
  2. Saat harga obligasi di bawah harga pembelian, investor mencairkan dana investasi sebelum jatuh tempo
  3. Investasi reksadana terpoteksi terdiri atas obligasi serta beberpa unsur lain, seperti saham dan pasar uang. Saat pembayaran obligasi lancar, unsur lain justru mengalami kerugian yang lebih besar ketimbang keuntungan dari pembayaran obligasi tersebut.

Reksadana terproteksi, investasi yang aman untuk pemula karena memiliki beberapa manfaat, antara lain :

  1. Diversifikasi atau penyebaran investasi
  2. Transparansi informasi
  3. Dikelola oleh manajemen profesioanl
  4. Biaya yang rendah dengan karakterisitik seperti deposito
  5. Likuiditas yang tinggi

Nah demikian beberapa informasi mengenai reksadana terproteksi, investasi yang aman untuk pemula. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat khusunya bagi Anda para pemula yang ingin berinvestasi dengan aman.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty