Reksa Dana Tepat Bagi Investor Cermat

By on January 12, 2017 | Artikel ini Sudah di baca 408 kali

Investasi Reksadana – Sejak masih kanak-kanak, Anda mungkin sudah sangat sering mendengar istilah bijak “Manabung pangkal kaya”. Sangat benar sekali jika menabung adalah kebiasaan yang baik. Namun, tidakkah Anda mempunyai tujuan finansial yang ingin Anda capai sesegera mungkin? Rasanya menabung saja tidak cukup untuk mendapatkan itu semua. Sudah tahukah Anda jika perkembangan uang tabungan Anda kalah dengan kenaikan harga karena inflasi. Karena inilah, istilah investasi makin naik kepermukaan. Intinya, investasi ini bagaikan cara menabung yang lebih menguntungkan dan bisa melawan arus inflasi.

Pada dasarnya, tujuan finansial setiap orang dibagi menjadi tiga, yaitu investasi jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Beragam jenis instrumen investasi pun hadir untuk mengisi tujuan finansial tersebut. Reksadana adalah salah satunya. instrumen investasi yang satu ini lebih cenderung mengacu kepada berbagai jenis investasi seperti obligasi dan saham. Secara sederhana, Reksadana dapat diartikan sebagai cara investasi dengan mengumpulkan dana dari beberapa orang terlebih dahulu untuk di investasi di beberapa jenis investasi yang ada.

Banyak yang mengatakan jika Reksadana ialah instrumen investasi yang paling mudah untuk dilakukan. Cukup cocok untuk para pemula yang ingin berkecimpung ke dunia perinvestasian. Namun Anda harus tetap memilih manakah Reksadana tepat bagi investor yang cermat. Untuk itu, Anda harus mengetahui tujuan finansial Anda, toleransi resiko Anda, dan mengenal jenis-jenis Reksadana yang ada.

Apa itu tujuan finansial? Seperti yang sudah disebutkan, tujuan finansial dibagi menjadi tiga. Contoh-contoh dari tujuan finansial ini adalah seperti dana pendidikan anak, dana naik haji, dana untuk menunjang kebutuhan di hari tua, dan lain-lain. Tentunya setiap orang memiliki tujuan investasinya sendiri-sendiri, bukan begitu? Dengan mengetahui tujuan dan jangka waktu yang Anda targetkan, maka memilih Reksadana tepat bagi investor cermat akan makin mudah.

Berikutnya adalah toleransi resiko pada diri Anda. Disebut toleransi resiko dikarenakan setiap orang pasti mempunyai tingkatannya tersendiri untuk dapat mentolerir sebuah resiko, mulai dari resiko rendah sampai resiko yang tinggi. Reksadana tepat bagi investor cermat biasanya bergantung pada aspek yang satu ini.

Banyak sekali jenis Reksadana berikut resiko dan keuntungan yang berada di dalamnya. Jenis Reksadana paling rendah adalah Reksadana Pasar Uang yang menempatkan investasinya 100% ke obligasi dan pasar uang. Cocok untuk tujuan finansial jangka pendek dan toleransi resikonya rendah. Reksadana yang menempatkan investasi ke obligasi sebesar 80%, sementara sisanya ke jenis reksadana lain disebut dengan Reksadana Pendapatan Tetap. Bisa digunakan untuk Anda yang bisa mentoleransi resiko menengah dan dengan jangka waktu yang menengah pula.

Beralih ke jenis Reksadana yang resikonya lebih tinggi dan pas untuk tujuan finansial jangka panjang, yaitu Reksadana Saham dan Reksadana Campuran. Dalam Reksadana Saham, investasinya 80% ditempatkan ke saham, sementara sisanya akan disalirkan ke obligasi. Sedangkan Reksadana Campuran adalah kombinasi dari saham dan pasar uang dengan persentase masing-masing 50%. Rasanya memilih Reksadana tepat bagi investor cermat akan semakin mudah dengan mengetahui hal-hal yang sudah dibahas diatas.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty