Ragam dalam Ber-Investasi Emas

By on June 28, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 2,663 kali

Ragam dalam Ber-Investasi Emas

Akhir-akhir ini seperti yang kita ketahui memang semakin marak] akan para investor yang berinvestasi pada salah satu aset yaitu logam mulia. Banyak sekali tawaran dengan berbagai macam investasi emas yang dapat dengan mudah kita jumpai. Dengan melihat prospek kedepan dari jenis investasi yang satu ini, tentu akan banyak investor yang tergiur olehnya.

Walaupun ada banyak merek yang diperkenalkan, namun pada umumnya ragam investasi emas itu hanya terdapat 6 jenis. Nah apa saja ragam tersebut sebaiknya anda perhatikan ulasannya dibawah ini:

  1. Investasi Emas Fisik.

Suatu ragam investasi secara pasif, maksudnya seorang investor membeli sebuah emas lalu menyimpannya, namun baik itu dipindah tangankan secara langsung ataupun dengan dititipkan. Dengan metode yang satu ini seorang konsumen dapat melakukan pembelian dengan datang dan membawa sejumlah uang layaknya membeli di toko ataupun bisa juga dengan transfer online.

  1. Investasi Emas Derivatif

Untuk ragam yang satu ini apabila kita amati lagi memang hampir sama dengan investasi trading saham serta namun ada beberapa macamnya. Investasi ini termasuk dalam hi-risk hi-return jadi kita tidak memegang emas secara fisik kecuali ketika sudah jatuh tempo serta kita bisa mengambil pilihan ambil fisik. Pada jenis investasi derivatif kita juga mengenal Exchange Traded Fund (ETF) yang juga menyediakan salah satu jenis investasi yaitu saham,obligasi dan Komoditas. Dana seorang investor dikelola oleh ahlinya yaitu broker yang sudah berlisensi sehingga bisa memperoleh untung atas margin trading, hal itu legal dan sah. Meski demikian harus diperhatikan pula bagi seorang investor atas risiko yang cukup tinggi didalamnya.

  1. Qirad

Menjadikan suatu emas fisik sebagai modal usaha yang akan dilakukan. Biasanya seorang investor akan memperoleh hasil bagi yang telah sepakati. untuk satuan yang bisa diinvestasikan ataupun yang digunakan untuk bagi hasil dapat berupa rupiah maupun bisa juga dalam gram emas. Dalam praktiknya, dapat kita temui pada bidang usaha.

  1. Gadai Emas

Dalam melakukan gadai, sebenarnya tujuan dan fungsinya adalah pembiayaan. Jenis metode yang satu ini merupakan cara yang bisa digunakan untuk mendapatkan uang cash atas Emas yang akan kita gadaikan. Untuk gadai emas biasanya digunakan untuk berinvestasi dalam waktu berlanjut & bertingkat, atau yang basa disebut dengan gadai-beli bertingkat. Akan tetapi dengan adanya aturan terbaru dari Bank Indonesia, gadai ini akan lebih sesuai apabila fungsinya dikembalikan menjadi pembiayaan. Jadi apabila anda dalam keadaan memerlukan dana, maka anda bisa menggadaikan dan anda akan menerima uang cash.

  1. Investasi Emas Bodong

Jenis ragam emas yang satu ini merupakan suatu tawaran berinvestasi yang sepertinya “seolah-olah” akan menempatkan dana dari seorang investor pada aset emas. Untuk tujuannya sendiri sebenarnya mengumpulkan dana dengan jumlah banyak kemudian sang pengelola kabur dan tidak bertanggung jawab. Hal ini telah marak terjadi dengan bermacam-macam modus dan nama yang beraneka macam. Misalnya sebut saja A, B dan C. Disitu emas hanyalah sekedar bahan untuk menarik dana dari masyarakat serta pemanis semata, kemudian mereka akan berjanji-janji akan penawaran return yang sebenarnya apabila kita pikir-pikir hal itu tidaklah wajar. Biasanya model seperti ini dinamakan Investasi Emas Bodong dan pada prinsipnya uang akan dikelola dengan menggunakan skema tertentu

Ragam emas memang ada beberapa macam jenisnya, dan yang perlu anda perhatikan adalah mengenai kevalidan dari masing-masing ragam tersebut sehingga anda pun bisa mendapatkan sesuatu yang sesuai dengan harapan.