Punya Khasiat Kesehatan, Susu Almond Diminati

By on October 21, 2014 | Artikel ini Sudah di baca 2,820 kali

Di tengah tren gaya hidup sehat yang berkembang di masyarakat, peluang bisnis minuman menyehatkan semakin menjanjikan.  Beragam varian minuman sehat dijajakan ke masyarakat. Salah satunya adalah minuman susu almond.

Susu yang terbuat dari kacang almond ini tengah populer di kalangan pecinta gaya hidup sehat di Indonesia. Sementara di luar negeri, susu almond sudah lama menjadi produk komersial.

Di Indonesia, susu almond banyak dipasarkan di dunia maya melalui media sosial, seperti Instagram, Facebook, atau Twitter. Selain itu, banyak juga dipasarkan di bazaar-bazaar, seperti Colby’s Farm, Drink.inc, Mirumi Mylk, Almonia, dan Fructus di Surabaya.

Susu almond dipercaya mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Antara lain membantu menurunkan berat badan, menyehatkan jantung, membuat kulit bersinar, memperkuat tulang, memperbaiki otot, mengurangi risiko diabetes.

Susu ini juga cocok dan aman dikonsumsi ibu yang sedang hamil dan kaum perempuan yang mengalami menstruasi. Salah satu produsen susu almond adalah Tantri Aprilia dengan merek April’s Homemade Almond Milk di Jakarta.

Ia merintis usaha ini sejak 2012 lalu. Awalnya, ia membuat susu almond untuk dikonsumsi sendiri. Kebetulan tubuhnya tak mampu mencerna susu sapi dengan baik. “Saya mencoba membuat sendiri dan menawarkan ke beberapa teman. Ternyata banyak suka dan memesan susu almond,” ujarnya.

Seiring permintaan yang semakin banyak, akhirnya April mengajak beberapa temannya membuat manajemen baru di bawah bendera Colby’s Farm pada Februari 2014. Saat ini, Colby’s Farm memiliki empat varian susu yang terbuat dari kacang almond, kacang mete, dan kacang hitam.

Belakangan, ia juga memproduksi varian terbaru yang dinamakan horchata, yakni minuman khas Meksiko yang terbuat dari kacang almond. Produk susunya ini terdiri dari dua ukuran kemasan, yakni 250 mililiter (ml) dan 500 ml.

Soal harga di mulai dari Rp 35.000 hingga Rp 65.000 per botol, tergantung rasa dan ukuran. Harganya memang  lebih mahal ketimbang jenis susu lainnya karena memang ditujukan untuk kaum menengah atas yang menerapkan gaya hidup sehat. “Harga kacang almond juga cukup mahal, mengikuti fluktuasi rupiah,” ujarnya.

Menurut April, dalam sehari ia mampu memproduksi 100 botol susu almond. Produksi sebanyak itu untuk memenuhi permintaan, baik pesan antar maupun stok gerai yang baru dibuka di Mal FX Sudirman, Jakarta.

Namun, jika mengikuti bazaar, ia mampu memproduksi sekitar 200 botol hingga 300 botol susu almond sehari. “Biasanya produk kami selalu kehabisan saat jualan di bazaar,” tambahnya. Jika di rata-rata, dalam sebulan, Colby’s Farm bisa memproduksi hingga 3.000 botol susu almond. Dari produksi itu, omzetnya bisa mencapai Rp 150 juta.