Prospek Bisnis Lele, Menggiurkan kah?

By on February 17, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 3,435 kali

Prospek Bisnis LeleInspirasi Bisnis – Mungkin Anda hari ini makan ikan lele, atau minimal minggu ini sudah makan ikan lele. Hampir semua orang di Indonesia senang makan ikan lele, itulah gambaran sebagian dari prospek bisnis ikan lele. Lalu bagaimana sebenarnya prospek bisnis ikan lele di Indonesia.

Semua orang di Indonesia suka ikan lele

Ini sudah tidak dipungkiri lagi, bahwa semua orang di Indonesia suka makan lele. Di Jawa Timur lele merupakan makanan favorit, yaitu penyetan. Penyetan ini terdiri diri tempe, tahu atau lele. Warung-warung di Jawa Timur kebanyakan menjual penyetan dibandingkan makanan lain, karena selain penyajiannya gampang dan penjualannya pun cukup mudah. Kalau di Jawa Barat atau Jakarta, warung biasanya menyajikan pecel lele. Alasan inilah yang menjadikan prospek bisnis ikan lele digemari.

Hanya butuh tanah kosong

Anda mempunyai halaman kosong di depan atau belakang rumah, itu merupakan suatu prospek bisnis ikan lele. Seseorang yang mempunyai jiwa bisnis tentu tidak bisa melihat lahan yang menganggur dan Anda bisa menjadikan lahan untuk budidaya ikan lele. Jika Anda menjadi pemula dalam budidaya ikan lele, Anda bisa menggunakan 3 kolam kecil dan 1 kolam besar. 3 kolam kecil berukuran panjang 2 meter dan lebar 1.5 meter sedangkan kolam besar memiliki panjang 4 meter dan lebar 1.5 meter. Kolam kecil untuk memilihara bibit dan kolam besar untuk ikan lele siap jual.

Butuh modal sedikit

Jangan salah, prospek bisnis ikan lele diminati karena mudah dan murah. Pertama bisnis ini Anda mungkin akan keluar uang banyak sewaktu membikin kolam, sedangkan untuk bibit Anda tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak. Karena bibit mempunyai harga yang bervariasi, Anda bisa memilih harga bibit yang paling murah tapi punya kualitas yang bagus. Ikan lele yang besar belum tentu mempunyai rasa yang enak ketika sudah dimakan.

Penjualan mudah

Ketika Anda sudah berhasil membesarkan ikan lele dan siap jual. Anda tidak perlu bersusah-susah untuk menjual ikan lele tersebut. Anda tinggal datang ke pasar dekat rumah Anda dan menjualnya. Atau Anda bisa bekerja sama dengan warung-warung penjual penyetan atau pecel lele, tentu para pemilik warung melihat dahulu bagaimana kualitas ikan lele Anda.

Hampir diseluruh Indonesia ada jenis ikan lele

Jika Anda di pulau Jawa, Anda mungkin tidak kesulitan untuk menemukan bibit lele atau menjual ikan lele. Tapi bagaimana dengan Anda yang diluar Jawa? Hampir di setiap daerah di Indonesia mempunyai jenis ikan lele sendiri. Seperti ikan lele Kapuas yang ada di Kalimantan, ikan lele kepala pipih di Kalimantan barat, ikan lele Sumatra dan lain-lain. Jadi Anda tidak perlu khawatir tentang prospek bisnis ikan lele di Indonesia.

 

Sumber: studentpreneur.co